Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusakan Baling-baling, Kapal Berpenumpang 14 Orang di NTT Hilang Kontak

Kompas.com - 01/06/2019, 21:57 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


KUPANG, KOMPAS.com - Sebuah kapal fiber dengan nama lambung kapal KM Inkamina 689, mengalami kerusakan baling-baling di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kupang, Emi Frizer mengatakan, kapal itu memuat 14 orang, dengan tujuan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, menuju Maumere, Kabupaten Sikka.

"Kami mendapat laporan pagi tadi dari warga yang bernama Jhon Siri, bahwa ada kapal yang mengalami kerusakan baling-baling dan hilang kontak," ungkap Emi, kepada sejumlah wartawan, di Kupang, Sabtu (1/6/2019).

Baca juga: Longboat yang Hilang Kontak di Asmat Ditemukan di Perairan Dobo Maluku

Menurut Emi, kapal yang mempunyai ciri berwarna putih dengan dasar biru itu hilang kontak di Laut Sawu.

Setelah menerima laporan, pihaknya lalu melakukan pencarian terhadap kapal Inkamina 689, dengan mengerahkan KN SAR Antareja 233 menuju Laut Sawu.

KN SAR Antareja 233 yang diawaki oleh 18 personel, lalu berangkat menuju lokasi kejadian dan melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian sesuai dengan aplikasi SAR Map Prediction dari Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Hingga pukul 16.40 Wita, KN SAR Antareja 233 dapat menemukan KM Inkamina 698, pada koordinat 09° 58' 288" S-121° 58' 533" E.

Baca juga: Longboat Berisi 30 Orang Dilaporkan Hilang Kontak di Perairan Asmat

"Pada saat ditemukan, seluruh kru kapal dalam keadaan selamat," ucap dia.

Kemudian pukul 18.00 Wita, KM Inkamina 698 ditandem oleh KN SAR Antareja 233 Kupang dan lego jangkar di Perairan Pantai Paga, Kabupaten Sikka, untuk menunggu kapal bantuan dari Larantuka guna melakukan perbaikan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com