Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat "Mbah Google" Beri Imbauan ke Pemudik di Exit Pemalang...

Kompas.com - 01/06/2019, 16:11 WIB
Ari Himawan Sarono,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PEMALANG, KOMPAS.com - "Selamat siang mohon maaf untuk sementara pemudik yang akan masuk ke tol gandulan ditutup karena diberlakukan sistem one way atau satu arah. Selamat menjalankan ibadah puasa 1440 Hijriah, semoga selamat sampai tujuan dan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas," bunyi pengumuman di Exit Pemalang

Biasanya seruan imbauan tersebut dibacakan oleh Kapospol Operasi Ketupat Candi (OKC) Polres Pemalang, Jawa Tengah Ipda Nuryanto di pos Exit Gandulan.

Namun, dalam beberapa hari terakhir, suaranya sudah mulai serak karena bergelut dengan mikrofon terus-menerus.

Baca juga: Mudik Sepeda Motor, Mengapa Tidak Dianjurkan?

Akhirnya pada Sabtu (1/6/2019) siang, saat berlaku one way dari tol Cikampek hingga Kalikangkung Semarang, ia tidak kehabisan akal. Dengan smartphone-nya, Ipda Nuryanto mencatat apa yang biasa diimbau kepada pemudik lalu ditulis di Google.

Setelah itu, suara dari mesin perekam suara Google muncul sesuai dengan tulisan darinya. Suara dari 'Mbah Google' itu didekatkan dengan mikrofon, menggema menyapa pemudik di Exit Tol Gandulan.

Sementara Ipda Nuryanto bisa beristirahat sambil memantau arus dari dalam pos.

"Biar enggak bosan saja, masa iya suara imbauan ke pemudik di pintu keluar tol suaranya laki-laki semua. Kita coba pakai rekaman 'Mbak Google' malah pemudik pada senang katanya lucu," kata Nuryanto, sembari tersenyum.

Nuryanto melanjutkan, jika di Pos Exit Gandulan, Pemalang, kebanyakan personel yang bertugas laki-laki.

"Nah kalau HP saya ditinggal di pos exit kan saya bisa sambil mengatur lalu lintas. Imbauan ke pemudik digantikan Google dahulu," ungkap dia.

Ada dua pengeras suara yang dipasang polisi tepat di Exit Tol Gandulan untuk mengimbau pemudik agar berhati-hati.

Baca juga: Konsumsi Narkoba Saat Mengendara, Sopir Bus Mudik Diamankan Polisi

Salah seorang pemudik dari Jakarta ke Sragen Saeful Amin (39) mengungkapkan apa yang dilakukan polisi di Exit Tol Pemalang sangat kreatif.

"Kreatif sih kayak dengar video-video di YouTube, kadang pakai suara wanita Google. Ini sangat kreatif polisinya," ungkap Saeful.

Dari pantauan Kompas.com di Exit Tol Gandulan, Pemalang, Sabtu (1/6/2019) siang hingga pukul 14.00 WIB arus kendaraan dari arah tol yang kembali ke Pantura lancar.

Sementara, dampak pemberlakuan one way jalur Pantura arah Jakarta dari Semarang terpantau ramai lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com