Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Depot Disiagakan untuk Jaga Pasokan Avtur di Sulawesi Jelang Lebaran

Kompas.com - 01/06/2019, 10:31 WIB
Aprillia Ika

Editor

MAKASSAR, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII menyiagakan tujuh Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) untuk menjaga pasokan avtur di Sulawesi.

Dengan demikian, stok avtur diharapkan terjaga sehingga bahan bakar pesawat untuk keperluan mudik jelang Lebaran juga aman.

Hal itu disampaikan Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan, di Makassar, melalui siaran pers, Sabtu (1/6/2019).

Menurutnya, pihaknya siap melayani kebutuhan avtur di 7 DPPU yang tersebar di seluruh Sulawesi.

"Rata-rata ketahanan stok avtur di wilayah MOR VII mencapai 16,6 KL per hari," ujarnya.

Baca juga: Panggil Menteri-menteri, Jokowi Minta Harga Avtur Dievaluasi

Ketujuh DPPU Pertamina yang hadir memberikan servis penjualan avtur itu tersebar di enam Provinsi.

"Di Sulawesi Tengah terdapat dua bandara yakni Mutiara di Palu dan Bubung di Luwu," ujarnya.

Sementara lima provinsi lainnya terdapat masing-masing satu DPPU, yakni Hasanuddin (Sulsel), Sam Ratulangi (Sulut), Jalaluddin (Gorontalo), Haluoleo (Sultra) serta Tampa Padang (Sulbar).

Menurut Hatim, pihaknya juga sudah mengantisipasi adanya lonjakan pemakaian avtur pada tujuh hari sebelum dan sesudah Idul Fitri.

"Selama 2 minggu tersebut, kita prediksi ada peningkatan konsumsi avtur 5 persen dibanding dengan rata-rata konsumsi harian sepanjang tahun 2019," ujarnya.

Baca juga: Lebaran 2016, Konsumsi Avtur di Bandara Juanda dan Ngurah Rai Naik 9,4 Persen 

Jika rata-rata konsumsi harian avtur sepanjang 2019 mencapai 986 KL/hari, maka khusus H -/+ 7 lebaran volume avtur yang bakal dikonsumsi oleh pesawat-pesawat yang hilir mudik dan singgah di tujuh bandara di Pulau Sulawesi ini mengalami lonjakan menjadi 1.035 KL/hari. 

Haluoleo menjadi DPPU yang diprediksi mengalami persentase lonjakan tertinggi sekitar 13 persen dari semula 35,31 KL/hari menjadi 40 KL/hari.

Di Bandara Hasanuddin Makassar, pihak Pertamina menyiagakan 9 kendaraan refueling dari total 38 kendaraan yang ada. Serta 27 dari total armada bridger, Pertamina juga menyiagakan 12 kendaraan di Bandara Hasanuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com