Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-5 Lebaran, 1.000 Pemudik Berangkat dari Stasiun Kertapati Palembang

Kompas.com - 31/05/2019, 20:24 WIB
Aji YK Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PALEMBANG,KOMPAS.com- Para pemudik mulai memadati stasiun kertapati Palembang, memasuki H-5 lebaran, Jumat (31/5/2019). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang mencatat, setidaknya 1.000 pemudik telah berangkat dalam setiap harinya.

Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, para pemudik tersebut hampir semuanya menuju Kota Lubuk Linggau dan Bandar Lampung. 

"Sampai sekarang peminat paling tinggi penumpang kelas ekonomi. Untuk seluruh kelas, ada 1.000 penumpang perhari yang berangkat dari Palembang ke Kota Lubuk Linggau dan Bandar Lampung," kata Aida melalui pesan singkat.

Baca juga: H-6 Lebaran, Penumpang Kereta Mengalami Peningkatan 6 Persen

Aida menjelaskan, tingginya peminat kelas ekonomi yang menggunakan kereta api selain harganya terjangkau, fasilitas yang disediakan pun hampir sama dengan kelas bisnis.

Pihaknya pun telah menyiapkan sebanyak 81.984 tempat duduk untuk kereta tujuan Kertapati-Tanjungkarang dan Kertapati-Lubuklinggau, selama arus mudik.

"Tidak ada penambahan kereta, kita hanya penambahan penjualan tiket. Rata-rata perhari kita siapkan 3.738 tempat duduk untuk semua kelas," ujarnya.

Baca juga: Angkutan Barang Dilarang Melintas di Jalur Mudik Lebaran

Executive Vice President (EVP) Divre III Palembang, Mochamad Purnomosidi sebelumnya mengatakan, para penumpang kereta hanya diperbolehkan membawa barang sebanyak 20 kilogram.

Jika penumpang, melebihi berat yang telah ditentukan, maka akan dikenakan biaya tambahan perkilonya. Yakni untuk Rp 10.000 untuk kelas eksekutif,  Rp 6.000 kelas bisnis dan Rp 2.000 kelas ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com