Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hibur Pemudik, Polisi Gunakan Kostum Mickey Mouse di Depan Pintu Tol

Kompas.com - 31/05/2019, 15:57 WIB
Labib Zamani,
Rachmawati

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Panas matahari tak menyurutkan semangat dua polisi yang berkostum Mickey Mouse dan Donald Bebek untuk menghibur pemudik yang masuk ruas Tol Solo-Ngawi melalui pintu Tol Ngasem, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019) siang.

Sambil diiringi musik, dua polisi tersebut berjoget menghibur para pemudik yang masuk tol.

Di tengah aksinya, mereka membawa poster imbauan agar pemudik berhati-hati di jalan, seperti "Titi DJ Hati2 di Jalan", "Semoga Selamat Sampai Tujuan" dan "H2O Hati2 Om".

Baca juga: Pemudik Kesulitan Mendapatkan BBM di Rest Area Tol Sumatera

Selain itu, dua anggota dari Satuan Binmas Polres Karanganyar juga membagikan balon dan aneka makanan ringan kepada pemudik yang membawa anak-anak.

Aksi tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Binmas Polres Karanganyar AKP Suwarsi.

Menurut Suwarsi, aksi tersebut diperankan dua anggotanya dengan memakai kostum kartun dengan tujuan menghibur pemudik dan mengingatkan supaya lebih berhati-hati saat berkendara.

Peringatan itu penting disampaikan karena pintu Tol Ngasem yang merupakan akses keluar masuknya kendaraan dari ruas Tol Solo-Ngawi tersebut berada di jalur tengah, baik dari arah Jakarta ke Surabaya maupun sebaliknya.

"Maka para pengendara itu sudah mulai penat, lelah dan capek. Mudah-mudahan dengan aksi kita ini, mereka (pengemudi) cair bisa konsentrasi kembali di jalan," ungkap Suwarsi.

Baca juga: Dalam 5 Jam Terjadi 3 Kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Ini Imbauan Polisi

Suwarsi menjelaskan aksinya tersebut rutin dilaksanakan setiap menghadapi arus mudik lebaran, namun lokasinya selalu berpindah.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Faris Budiman menambahkan aksi tersebut untuk memberikan hiburan bagi para pemudik yang melewati ruas Tol Solo-Ngawi.

Di saat pemudik merasakan lelah dan capek, diharapkan setelah melihat aksi tersebut dapat kembali konsentrasi mengemusi.

"Aksi ini juga sekaligus untuk mengurangi angka kecelakaan karena pengemudi mengantuk atau kelelahan di jalan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com