Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalkan Bandara Internasional, Agen Travel Jepang Diundang Garap Paket Wisata ke Yogyakarta

Kompas.com - 31/05/2019, 12:19 WIB
Dani Julius Zebua,
Rachmawati

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menggandeng puluhan biro perjalanan wisata negara Jepang untuk menggarap paket perjalanan wisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puluhan agen travel itu berencana datang pada pertengahan Juli 2019 mendatang.

Mereka akan diajak berkeliling ke berbagai lokasi wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah, seperti Candi Borobudur, Prambanan, hingga Keraton Yogyakarta.

"Kita juga akan mengajak mereka melihat sendratari. Semua berlangsung tiga hari," kata Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, usai buka bersama di Masjid Al Akbar yang berada di lingkungan proyek pembangunan YIA, Kamis (30/5/2019) malam.

Baca juga: Terminal Penumpang Bandara Yogyakarta yang Bikin Kagum Penumpang...

Berbagai terobosan terus dilakukan untuk membuka peluang munculnya rute baru penerbangan ke Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kulon Progo.

Diharapkan ada rute baru yang dibuka baik domestik maupun luar negeri. Untuk itu, kerja sama maskapai, pengelola bandara, dan biro perjalanan menjadi kunci. Termasuk dengan mendatangkan puluhan agen travel Jepang ini.

Faik mengatakan, AP ingin ada rute penerbangan Jepang ke YIA. "Harapannya (muncul rute-rute baru) seperti itu," katanya.

Bandara Internasional Yogyakarta adalah salah satu keunggulan yang akan ditunjukkan pada para agen travel.

Bandara YIA mampu menampung berbagai jenis pesawat, termasuk berbadan lebar. Mereka juga akan memamerkan mudahnya akses menuju berbagai daerah dan destinasi wisata Yogyakarta dari YIA.

"Kami konsolidasikan 30 agen travel ini. Kami sponsori hingga hotel dan tiket. Kita bekerja sama dengan Garuda Indonesia dalam mendatangkan mereka," kata Faik.

Baca juga: Ini Rute dan Tarif Damri di Bandara YIA Kulonprogo

Jepang menjadi sasaran, lantaran pelancong asal negeri ini dinilai menyukai wisata ke destinasi heritage. Yogyakarta adalah gudangnya wsiata heritage, seperti Candi Borobudur, Prambanan, hingga Keraton Yogyakarta.

AP berharap biro perjalanan mereka bisa membuat dan mempromosikan paket perjalanan wisata ke Yogyakarta dengan mendarat di YIA.

"Kita mengharapkan agen travel bisa menyiapkan paket wisata dan perjalanan ke Indonesia. Bisa khusus ke Yogyakarta ataupun kombinasi Yogyakarta-Bali," kata Faik.

Di waktu depan, AP merencanakan hal serupa untuk mendatangkan pelancong dari Korea, Cina, ataupun Eropa.

Sejak operasi di akhir April 2019, Bandara YIA baru melayani penerbangan domestik dari dua maskapai, Citilink dan Batik Air.

Maskapai Citilink melayani satu kali penerbangan Jakarta-Yogyakarta setiap hari, sedangkan Batik Air melayani satu kali penerbangan ke Jakarta dan Palangkaraya setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com