KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Dinginkan Situasi Pasca Pilpres, Ganjar Adakan Kontes Video Instagram

Kompas.com - 30/05/2019, 15:44 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam upayanya mendinginkan situasi pasca Pilpres, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengadakan kontes video instagram (vidgram).

Lewat tema "Pemilu Sudah Berlalu, Saatnya Bersatu", Ganjar menawarkan hadiah uang tunai kepada warganet yang memiliki konsep video paling menarik.

Digelar pada 20 hingga 27 Mei 2019, sebanyak 146 warganet baik dari dalam dan luar negeri turut berpartisipasi dalam pembuatan video pendek tersebut.

Setelah melakukan penjurian yang dilakukan Ganjar dan tim, akhirnya kontes tersebut menemukan pemenangnya, Rabu (29/5/2019).

"Pemenangnya akun @anaslesmono dari Kabupaten Pati. Vidgram yang dibuat unik, menggambarkan bagaimana pendukung 01 dan 02 saling membantu satu sama lain dan tidak terpengaruh situasi politik," ucap Ganjar di Semarang, sesuai rilis yang Kompas.com terima, Kamis (30/5/2019).

Mengingat pengguna media sosial saat ini sudah semakin banyak, lanjut Ganjar, maka sudah seharusnya dimanfaatkan sebagai wadah untuk mendamaikan situasi.

"Saya kemudian berfikir untuk mendinginkan situasi politik melalui media sosial, kemudian muncul ide menggelar lomba itu," papar Ganjar.

Langkah Ganjar tersebut turut mendapat apresiasi dari berbagai tokoh. Salah satunya peneliti senior LIPI Hermawan Sulistyo.

Ia mengatakan kontes tersebut merupakan sebuah langkah kreatif dan sangat dibutuhkan dalam kondisi saat ini.

"Cara-cara seperti inilah yang harus terus dilakukan untuk menjaga generasi kita tetap bersatu," sambung Hermawan.

Dalam kontes tersebut, Ganjar menyediakan hadiah uang tunai Rp 10 juta untuk para pemenang. Kontes tersebut harus menyertakan hastag #LombaVidgramGanjar untuk memudahkan pencarian.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com