Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fasilitas yang Tersedia di Terminal Tipe A Padang

Kompas.com - 29/05/2019, 19:07 WIB
Perdana Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang berencana membangun terminal tipe A di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, terminal ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti tempat uji kendaraan atau KIR serta kawasan komersial.

"Terminal yang akan dibangun ini bertipe A yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti tempat KIR, kawasan komersial seperti restoran, toko dan lainnya," kata Mahyeldi kepada Kompas.com, di Balai Kota Padang, Rabu (29/5/2019).

Baca juga: Akhirnya Setelah Bertahun-tahun Padang Akan Miliki Terminal Bus

Terminal yang dibangun itu, kata Mahyeldi akan mampu melayani 500 unit angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan 150 angkutan kota antar provinsi (AKAP) yang melayani Padang menuju Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan sebaliknya.

Menurut Mahyeldi kebutuhan akan terminal bertipe A di Padang sudah cukup mendesak. Hal itu dikarenakan adanya peningkatan jumlah penumpang bus dalam beberapa bulan terakhir akibat imbas tingginya harga tiket pesawat.

Terminal tipe A akan dibangun di Anak Aia, Kecamatan Koto Tangah yang sudah dimulai tahun 2018 lalu. Pembangunan itu berasal dari bantuan Kementerian Perhubungan RI.

"Kita akan segerakan pembebasan tanahnya. Kita sudah menyediakan sekitar 5 hektar lahan di Anak Aia dan ditargetkan tahun ini seluruh pembebasan tanahnya selesai," ujarnya.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Mudik Pakai Bus ke Padang Kembali Diminati

Mahyeldi mengatakan, sambil berjalan juga dilakukan pembangunan fisik terminal tersebut.

"Pembangunan fisiknya sudah dicanangkan pada 2018 lalu dan kita berharap 2020 nanti sudah selesai," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com