Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Agama Era Gus Dur, Tholchah Hasan, Meninggal Dunia

Kompas.com - 29/05/2019, 18:38 WIB
Andi Hartik,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Agama era Presiden Abdurrochman Wahid atau Gus Dur, KH Muhammad Tholchah Hasan meninggal dunia, Rabu (29/5/2019) sekitar pukul 14.10 WIB.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

"Kami di PBNU dan segenap warga NU sangat kehilangan sosok panutan yang dalam masa khidmat PBNU 2015-2020 ini menjadi salah satu Mustasyar," kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Robikin Emhas.

Baca juga: Viral, Maling Mobil Kembalikan Hasil Curiannya di Pati

Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Masykuri mengatakan, Tholchah sebagai sosok pejuang pendidikan. Menuru dia, pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Universitas Islam Malang (Unisma) Kota Malang itu telah mempersembahkan hidupnya untuk pendidikan.

"Beliau selalu memberikan solusi atas berbagai persoalan. Beliau sendiri sudah mewakafkan dirinya terhadap pendidikan," katanya.

Baca juga: Ini Alasan Wafer Superman Indonesia Menang Melawan DC Comics

Sebelum meninggal, dia berpesan supaya tidak ada perselisihan di antara sesama Bangsa Indonesia, terutama bagi pihak-pihak yang mengemban amanah untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

"Beliau meminta semuanya rukun. Semuanya menjaga kekompakan untuk berbagai macam aktivitas terutama dalam pengembangan pendidikan," katanya.

Tholchah dishalatkan di Masjid Sabilillah Kota Malang dan dimakamkan di kompleks Pesantren Bungkuk Singosari, Kabupaten Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com