Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Ngabuburit Bareng Siswa SD Kristen dan Siswa Madrasah di Jombang, Bantu Wudhu hingga Shalat Maghrib di Kompleks Sekolah

Kompas.com - 29/05/2019, 08:17 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Puluhan siswa Sekolah Dasar Kristen (SDK) Petra di Jombang Jawa Timur menggelar acara ngabuburit dengan para siswa dari sejumlah sekolah di Jombang, termasuk dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak, pada Senin (27/5/2019).

Menurut Kepala MI Islamiyah Muhammad Sholihun Nadir mengungkapkan, pertemuan antara siswanya dan anak-anak dari SD Kristen Petra diharapkan bisa menjadi modal untuk meneguhkan persatuan dan kesatuan antarelemen bangsa.

Setelah berbuka, para siswa dan guru pun menggelar shalat maghrib bersama di kompleks SD Kristen Petra tersebut.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Merawat sikap toleransi sejak dini

Suasana saat anak-anak SD Kristen Petra Jombang Jawa Timur menyambut kedatangan para siswa MI Islamiyah Plosogenuk, Perak, Jombang, Senin (27/5/2019) petang.                          KOMPAS.com/MOH. SYAFII Suasana saat anak-anak SD Kristen Petra Jombang Jawa Timur menyambut kedatangan para siswa MI Islamiyah Plosogenuk, Perak, Jombang, Senin (27/5/2019) petang.

Koordinator Gusdurian Jombang Aan Ansori mengatakan, kegiatan ngabuburit dan buka puasa bersama di SD Kristen Petra tersebut bertajuk "Ramadhan Warna-Warni".

Menurut Aan, tujuannya kegiatan itu adalah agar watak toleran serta kebersamaan dalam keberagaman bisa tertanam kepada anak-anak sejak usia dini.

"Tentu, tujuan besarnya adalah merawat persatuan dan kebersamaan dalam keberagaman, yang merupakan aset berharga bangsa Indonesia," kata Aan Ansori.

Baca Juga: Kisah Toleransi Murid-murid SD Kristen yang Jadi Tuan Rumah Buka Puasa Siswa Madrasah

2. Bermain bersama sebelum buka puasa

Suasana saat anak-anak dari MI Islamiyah, SD Kristen Petra, SD Kristen Wijana, serta anak-anak GKJW Bongsorejo dari SDN Grogol 2 bermain bersama menjelang acara buka puasa bersama di SD Kristen Petra Jombang, (27/5/2019) petang.
              KOMPAS.com/MOH. SYAFII Suasana saat anak-anak dari MI Islamiyah, SD Kristen Petra, SD Kristen Wijana, serta anak-anak GKJW Bongsorejo dari SDN Grogol 2 bermain bersama menjelang acara buka puasa bersama di SD Kristen Petra Jombang, (27/5/2019) petang.

Sore itu suasana meriah hadir di wajah para siswa yang berkumpul dan bermain bersama di SDK Petra Jombang.

Mereka bermain dan bergembira bersama. Sebagian siswa juga tampak berkeliling di dalam kompleks SDK Petra.

Setelah adzan berkumandang, para siswa dari SD Kristen Petra mengajak siswa dan guru dari MI Islamiyah memasuki sebuah ruangan yang sudah tersaji makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Siswa dan guru dari MI Islamiyah, serta dari beberapa sekolah lainnya, menunaikan berbuka puasa bersama dengan para siswa dari SD Kristen Petra, SD Kristen Wijana, serta anak-anak GKJW Bongsorejo dari SDN Grogol 2.

Baca Juga: Tumbuhkan Toleransi, Umat Kristiani di Depok Bagi-bagi Takjil

3. Shalat maghrib di kompleks sekolah

Siswa SD Kristen Petra Jombang membantu salah satu siswa MI Islamiyah berwudlu sebelum menggelar shalat Maghrib di komplek SD Kristen Petra Jombang, (27/5/2019) malam.                         KOMPAS.com/MOH. SYAFII Siswa SD Kristen Petra Jombang membantu salah satu siswa MI Islamiyah berwudlu sebelum menggelar shalat Maghrib di komplek SD Kristen Petra Jombang, (27/5/2019) malam.

Seusai buka puasa bersama, sejumlah siswa SD Kristen dibantu para guru menyiapkan tempat untuk rombongan dari MI Islamiyah melaksanakan shalat Maghrib.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com