Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Ridwan Kamil Menginspirasi Delegasi Pertemuan PBB di Kenya

Kompas.com - 27/05/2019, 18:29 WIB
Farid Assifa,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

NAIROBI, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan keynote speech di pembukaan sidang pertama Majelis PBB untuk Permukiman atau UN Habitat Assembly, Senin (27/5/ 2019) pukul 11.00-11.15 waktu Nairobi, Kenya atau 15.00 WIB-15.15 WIB.

Ridwan Kamil mendapat tepuk tangan para hadirin saat ia memperkenalkan diri. "Nama saya Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat," ucap Ridwan Kamil.

Tepuk tangan pun membahana di ruangan sidang majelis PBB untuk permukiman. Perlu diketahui, sidang ini dihadiri 1.000 delegasi dari 193 negara.

Baca juga: PBB Puji Inovasi Ridwan Kamil Menata Kota

Ridwan Kamil menyampaikan pidato setelah Executive Director UN HABITAT Madame Maimunah Mohd Syarif dan sebelum Presiden Kenya Uhuru Kenyatta.

Ridwan Kamil menyampaikan pidato sekitar 20 menit sambil menampilkan foto-foto pembangunan di Kota Bandung, saat ia menjadi wali kota. Ridwan Kamil menyatakan bahwa masyarakat maju adalah masyarakat bahagia.

"Program saya adalah membuat warga di kota saya bahagia. Membuat kebahagiaan dalam konteks urban. Agenda urban tentang memperbaiki kualitas hidup. Masyarakat maju adalah masyarakat bahagia," kata Ridwan Kamil.

Ridwan kamil kemudian memaparkan program-program yang dianggapnya mampu membahagiakan warga Kota Bandung.

Di antaranya taman kota dengan dilengkapi videotron, Cihampelas Skywalk, Command Center untuk kontrol kondisi kota dan komunikasi petugas di lapangan, Jabar Quick Response sebagai ruang pengaduan masyarakat dan lainnya.

Pidato Ridwan Kamil mendapat sambutan dan tepuk dari delegasi Un-Habitat. Presiden UN-Habitat Assembly Martha Delgado Peralta menyebut, terobosan Ridwan Kamil sangat inspiratif bagi negara anggota UN-Habitat untuk diterapkan.

Baca juga: Ridwan Kamil Jadi Pembicara pada Forum UN-Habitat Assembly di Kenya

Majelis UN-Habitat ini merupakan Majelis perdana sehingga menjadi momen bersejarah bagi UN-Habitat. Ridwan Kamil mendapat kehormatan menjadi salah satu pembicara utama di acara itu.

"Ini merupakan momen besar bagi Pak Gubernur Jabar dan kebanggaan bagi Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Indonesia di Kenya, Soehardjono Sastromihardjo.

Pembukaan Majelis UN-Habitat ini dimeriahkan oleh pertunjukan Angklung binaan KBRI, beranggotakan warga negara Kenya.

"Pelatihnya pernah kirim oleh KBRI untuk pelatihan di Saung Udjo, Bandung," kata Soehardjono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com