Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Longsor, Bupati Pesisir Selatan Siagakan Alat Berat

Kompas.com - 26/05/2019, 13:21 WIB
Perdana Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PADANG, Kompas.com - Untuk pengamanan selama liburan lebaran, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiagakan 300 petugas tiap harinya yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, PU dan petugas kesehatan.

"Petugas ini akan bekerjasama dengan polisi dan TNI untuk pengamanan di titik-titik keramaian seperti di objek wisata," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang dihubungi Kompas com, Sabtu (25/5/2019).

Baca juga: 1.045 Petugas Siap Jaga Kebersihan Kota Bandung Selama 10 Hari Libur Lebaran

Hendrajoni menyebutkan Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang ramai dikunjungi saat liburan lebaran.

Pada tahun lalu, Pemkab Pesisir Selatan mencatat ada 500 ribu lebih wisatawan yang datang ke lokasi wisata seperti ke Pantai Carocok, kawasan Mandeh, Puncak Langkisau, Pantai Batu Kalang, Jembatan Akar dan lainnya.

"Tahun lalu ada sekitar 500 ribu lebih pengunjung yang datang, bahkan ada dari Riau, Jambi, Bengkulu, Jakarta dan lainnya. Tahun ini diprediksi meningkat karena kawasan Mandeh sudah tertata," katanya.

Hendrajoni menyebutkan, petugas tersebut akan ditempatkan di lokasi-lokasi keramaian tersebut guna memberikan rasa aman kepada pengunjung dan masyarakat.

Baca juga: Longsor di Subulussalam, Jalur Aceh-Medan Lumpuh

Khusus untuk lalu lintas, selain menyiagakan petugas Dishub, BPBD dan PU, pihaknya juga menyiagakan alat-alat berat guna mengantisipasi longsor dan terban sungai.

"Ada beberapa titik yang rawan longsor dan terban seperti di Kecamatan Tarusan. Kita menyiagakan alat-alat berat jika sewaktu-waktu terjadi bencana longsor atau terban," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com