Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Polisi Lalu Lintas Selamatkan Ibu Hamil yang Akan Melahirkan Terjebak Macet

Kompas.com - 26/05/2019, 10:57 WIB
Idon Tanjung,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sabtu (25/5/2019) sekitar pukul 15.10 WIB, arus lalulintas di perempatan Jalan Tuanku Tambusai-Soekarno Hatta, Pekanbaru, Riau, sangat padat. Antrian kendaraan di lampu merah begitu panjang.

Di tengah kepadatan kendaraan itu, dua orang personel Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru, Bripka M Syafrial dan Brigadir Awaluddin sedang bertugas melancarkan arus lalu lintas, sebagai tugas rutin.

Mereka tiba-tiba dipanggil komandannya, Kasatlantas Polresta Pekanbaru AKP Emil Eka Putra yang memberitahu bahwa ada seorang ibu hamil yang akan melahirkan sedang terjebak macet.

Baca juga: Polisi Lalu Lintas di Kota Ini Selalu Bawa Boneka Beruang di Mobil Patroli

"Saya melihat ibu itu di dalam mobil sudah menahan sakit, karena mau melahirkan. Sehingga saya minta Bripka M Syafrial dan Brigadir Awaluddin untuk membantu ibu hamil ini," ujar Kasatlantas Polresta Pekanbaru AKP Emil Eka Putra dalam keterangan tertulis pada Kompas.com, Minggu (26/5/2019).

Dia mengatakan, ibu hamil tua tersebut bernama Irawati (39) warga Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Irawati terjebak macet saat menuju rumah sakit bersama suaminya, Widdiya Eka Putra (42) menggunakan mobil pick up.

Namun, dalam perjalanan mereka terjebak macet dan antrian panjang kendaraan di lampu merah. Sehingga polisi lalu lintas memberikan pertolongan untuk menyelamatkan ibu hamil tersebut.

"Sore itu lalu lintas di Kota Pekanbaru sedang terjadi peningkatan volume kendaraan. Sedangkan ibu ini mau cepat ke rumah sakit untuk melahirkan," kata Emil yang baru menjabat empat hari sebagai Kasatlantas Polresta Pekanbaru, menggantikan Kompol Rinaldo Aser.

Baca juga: Cerita Dua Ibu Melahirkan di Tenda Pengungsian Gempa Mamasa...

Karena itu, dia menugaskan dua anggotanya untuk mengantarkan dan mengawal ibu hamil tersebut menuju rumah sakit.

Bripka M Syafrial mengambil alih kemudi mobil, sedangkan Brigadir Awaluddin mengawal dari depan menggunakan sepeda motor.

Berkat kesigapan dan gerak cepat dari polisi lalu lintas itu, Irawati cepat mendapat penanganan dari petugas medis rumah sakit untuk melahirkan.

"Alhamdulillah, setelah mendapat penanganan medis, ibu Irawati melahirkan bayinya dengan selamat. Anggota kita juga sempat menggendong bayi tersebut," katanya.

Baca juga: Polisi yang Bantu Ibu Melahirkan di Tol Purbaleunyi Diberi Penghargaan

Terkait dengan kejadian ini, Emil Eka Putra menyampaikan, bagi pengguna jalan yang memang membutuhkan pertolongan agar tidak segan-segan untuk meminta bantuan dari polisi lalulintas.

"Jika memang butuh bantuan personel, silahkan datang ke pos terdekat atau personel yang sedang bertugas di lapangan," ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com