Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang "One Way" di Tol Palikanci, Jasa Marga Siagakan 6 Ambulans

Kompas.com - 25/05/2019, 00:21 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Kepala Satuan Tugas Arus Mudik – Balik 2019 PT Jasa Marga Tol Palikanci, Zakaria menyataka pihaknya menyiapkan pelayanan satu arah atau one way di jalur Tol Palikanci, Cirebon.

Kebijakan ini sesuai dengan rencana pemerintah yang mengeluarkan kebijakan one way atau satu arah pada tanggal 30 Mei mendatang. 

“Kita juga sudah menyiapkan pelayanan untuk one way atau satu arah. Baik itu personel, kendaraan, maupun rambu-rambu yang kita sudah siapkan sepanjang perjalanan nantinya. Tanggal 27 atau 28 sudah kita pasang di tempat-tempat yang telah ditentukan,” kata Zakaria usai apel kesiapan pasukan arus mudik dan balik 2019, Jumat (24/5/2019).

Menurut Zakaria, kesiapsiagaan one way juga didukung dengan penambahan sejumlah petugas kesehatan berikut mobil ambulans.

Baca juga: INFOGRAFIK: Sistem Satu Arah Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran 2019

 

Dia juga menyiapkan dua rest area di KM 207 A dari arah Jakarta, dan KM 207 B dari arah Jawa Tengah. Dengan dua rest area ini, konsentrasi kepadatan kendaraan yang masuk tempat istirahat akan terpecah. 

Berdasarkan data Libur Natal dan Tahun Baru 2018 lalu, Zakaria menyebut ada sebanyak 14.000 kendaraan yang masuk pada hari puncak liburan. Pada pelaksanaan satu arah nanti, kendaraan-kendaraan pemudik akan dipecah di dua rest area tersebut. 

Zakaria memprediksi jumlah kendaraan yang melintas Tol Palikanci pada puncak arus mudik 2019 akan meningkat 10.000 kendaraan. Pada tahu lalu, kendaraan yang melewati tol Palikanci sebanyak 70.000 unit, kini bisa bertambah menjadi 80.000 unit. 

Jasa Marga Tol Palikanci memastikan setelah perbaikan di beberapa titik, ruas jalan sepanjang 26 kilometer dalam kondisi baik dan layak dilintasi.

Cek kesiapan

Dalam kesempatan itu, Zakaria yang juga menjabat Deputi General Manager Operation Jasa Marga Palikanci mengecek kesiapan sejumlah armada. Beberapa di antaranya adalah mobil patroli, mobil layanan jalan, ambulans, tangki air, patrol PJR, dan juga truk derek. 

Zakaria yang didampingi Manager Traffic Jasa Marga Palikanci Agus Hartoyo juga mengecek kondisi oksigen dan peralatan medis di dalam mobil ambulans.

Baca juga: One Way di Tol Cipali-Cikampek Diberlakukan Mulai Pukul 17.02 WIB

 

Ada enam unit ambulans yang disiagakan. Keberadaan ambulans ini, kata Zakaria, dalam arus mudik sangat vital untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Usai peninjauan, Zakaria memasang stiker arus mudik dan balik 2019 pada kendaraan dan sarana yang sudah dinyatakan siap untuk digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com