Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik-Balik, Pasokan BBM di Jalur Selatan Dipastikan Aman

Kompas.com - 24/05/2019, 12:57 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pertamina memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di jalur selatan Jawa Tengah selama arus mudik dan balik Lebaran mendatang aman.

Sales Representative BBM Retail Region V Pertamina MOR IV Jateng-DIY Satrio Wibowo Wicaksono mengatakan, pengiriman BBM ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sepanjang jalur selatan juga dipastikan lancar.

Baca juga: Pemudik Jangan Takut, Rest Area 207 Palikanci Siapkan 2 Juta Liter BBM

"Kami sudah menyiapkan SPBU kantong di sejumlah lokasi, di Kabupaten Banyumas ada tiga titik, yakni di SPBU Ajibarang, SPBU Rawalo, dan SPBU Tambak," kata Wicak, di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (23/5/2019).

Wicak mengatakan, SPBU disiapkan untuk memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki ke lokasi yang berpotensi mengalami kemacetan dan kepadatan.

BBM kantong juga digunakan untuk memasok ke SPBU yang persediaan BBM-nya menipis.

Wicak memperkirakan kenaikan permintaan BBM pada masa arus mudik dan balik untuk premium, pertamax, dan pertalite meningkat hingga 36 persen. Dari kondisi normal 1.564 kiloliter per hari menjadi 2.110 kiloliter per hari.

Baca juga: Pastikan Stok Aman, Pertamina Tambah 112 Titik Layanan BBM Sepanjang Tol Trans Jawa

Sebaliknya, lanjut Wicak, untuk solar, dex, dan dexlite diperkirakan mengalami penurunan sekitar 8-10 persen, yakni dari 539 kiloliter per hari menjadi 496 kiloliter per hari.

"Kalau kami produksi dari Cilacap, jadi relatif dekat suplai ke TBBM (Terminal Bahan Bakar Minyak) Maos. Kemarin kami juga sudah koordinasi dengan pihak kilang bahwa stok di kilang Cilacap aman," ujar Wicak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com