Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pemalang Dibuka, Lalu Lintas Pemalang-Purbalingga Diperkirakan Meningkat

Kompas.com - 23/05/2019, 14:03 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di jalur Pemalang-Purbalingga, Jawa Tengah, diperkirakan akan meningkat drastis pada saat arus mudik dan balik Lebaran pascaoperasional tol Pemalang.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Purbalingga Sunarto, mengatakan peningkatan arus lalu lintas diperkirakan naik dua kali lipat dibandingkan arus mudik dan balik Lebaran tahun lalu.

"Nanti jalur Pemalang-Purbalingga ini jelas akan padat sekali setelah dibukanya tol Pemalang. Kurang lebih dua kali lipat dibanding tahun lalu, jumlah pastinya saya agak lupa," kata Sunarto saat survei posko lebaran di Purbalingga, Kamis (23/5/2019).

Sunarto mengatakan pemudik dari Jakarta akan keluar melalui exit tol Pemalang untuk menuju jalur tengah dan selatan. Antara lain wilayah Banjarnegara, Wonosobo, dan Kebumen.

Baca juga: Untuk Memantau Arus Mudik, Tol Batang-Semarang Dilengkapi 75 CCTV

Siapkan rute alternatif

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalur tersebut, kata Sunarto, pihaknya telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif.

"Kita siapkan jalur alternatif arah Banjarnegara dan Wonosobo dilewatkan ke jalur Rembang, nanti tembuanya Banjarnegara. Kalau benar-benar padat, baru kita alihkan ke jalur tersebut," ujar Sunarto.

Pihaknya juga memasang rambu penunjuk arah tambahan di sepanjang ruas jalan tersebut. Untuk memandu pemudik, pihaknya juga mendirikan posko terpadu bersama Satpol PP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di jalur tersebut.

Baca juga: ASN Sumut Dilarang Gunakan Mobil Dinas Saat Mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com