Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lintas Riau-Sumbar Banyak yang Rusak, Ini Kata Kapolda Riau

Kompas.com - 22/05/2019, 13:14 WIB
Idon Tanjung,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo melakukan pengecekan jalur mudik di jalan lintas Riau-Sumatera Barat di wilayah Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (21/5/2019).

Hasil pengecekan itu, banyak ditemukan ruas jalan yang rusak dan yang sedang dilakukan perbaikan.

Jajaran Polda Riau dan instansi lainnya melakukan persiapan menjelang Operasi Ketupat 2019.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengecek jalur mudik, mendirikan pos pengamanan (Pospam), pos pelayanan (Posyan) dan menempatkan petugas di lokasi tertentu di jalan lintas Riau-Sumbar.

Baca juga: Waspada, 3 Lokasi di Jalur Mudik Aceh-Medan Ini Rawan Jambret

Pengecekan jalur mudik dilakukan Kapolda Riau bersama Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, serta jajaran Dinas Perhubungan dan instansi lainnya.

"Kegiatan kami ini untuk mengecek sarana dan prasarana jalan, serta kesiapan infrastruktur yang akan digunakan masyarakat jelang pelaksanaan mudik lebaran tahun 2019 ini," ucap Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/5/2019).

Dia mengatakan, ada beberapa titik ruas jalan rusak yang tengah dalam proses pengerjaan atau perbaikan.

"Terkait adanya beberapa titik di ruas jalan Riau-Sumbar yang rusak dan sedang dalam perbaikan ini, kami mengimbau agar pihak kontraktor dapat menggesa pengerjaannya. Sehingga pada saat pelaksanaan arus mudik dan arus balik nanti bisa rampung untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat," terang Widodo.

Baca juga: Secara Swadaya, Polisi Tambal Jalan Berlubang di Jalur Mudik

Dia menambahkan, pengecekan jalur mudik dilakukan hingga ke perbatasan Riau dan Sumbar tepatnya di Kecamatan XIII Koto Kampar. Menurutnya, secara umum jalur ini aman untuk dilintasi bagi pemudik.

"Secara umum berdasarkan pantauan langsung, kondisi jalan lintas barat yang melalui Kabupaten Kampar ini kondisinya cukup baik dan siap untuk dilalui arus mudik maupun arus balik pada saat perayaan Idul Fitri nanti," sebut Widodo.

Sementara itu, mengenai kesiapan Operasi Ketupat 2019, Kapolda Riau mengaku sudah menyiapkan langkah-langkah untuk melancarkan arus mudik di jalur lintas barat, seperti pendirian Pospam, Posyan dan penempatan personel pada lokasi-lokasi tertentu.

"Operasi Ketupat 2019 ini juga melibatkan perkuatan dari unsur TNI dan jajaran Pemda serta stake holders terkait lainnya, untuk mengamankan dan melancarkan arus mudik serta perayaan Idul Fitri dan juga kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya," tutup Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com