Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Berformalin dan Pewarna Tekstil Ditemukan di Pasar Tradisional Purwokerto

Kompas.com - 21/05/2019, 11:33 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PURWOKERTO, KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) menemukan sejumlah makanan mengandung bahan berbahaya saat melakukan pengawasan di Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019).

Kepala Kantor POM Banyumas Suliyanto mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengambil sekitar 32 sampel makanan, antara lain bakso, kerupuk, ikan teri dan lainnya.

"Kami mengambil beberapa sampel, masih kami temukan beberapa mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan rhodamin B dan formalin," kata Suliyanto, di Purwokerto, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Sidak Makanan, Ditemukan Teri Medan Mengandung Formalin di Yogyakarta

Suliyanto mengatakan, rhodamin B merupakan bahan pewarna tekstil, sedangkan formalin biasanya digunakan sebagai bahan pengawet mayat.

"Kedua bahan berbahaya tersebut digunakan pelaku usaha dicampurkan pada makanan, ini sangat berbahaya bagi masyarakat. Bahan-bahan tersebut tidak boleh dimasukkan dalam tubuh manusia, apabila paparan dalam jumlah besar bisa menyebabkan kematian," ujar Suliyanto.

Baca juga: Di Cianjur, Polisi Gerebek Pabrik Mi yang Diduga Mengandung Formalin dan Borak

Untuk menghindari penyebaran makanan tersebut, Suliyanto mengatakan telah meminta pedagang untuk menarik makanan yang mengandung bahan berbahaya.

"Kami juga akan menelusuri kepada pemasok makanan, kami lakukan pembinaan lebih lanjut, kalau tidak seperti itu tidak akan putus. Kami lakukan pengawasan dan penindakan yang lebih berat," kata Suliyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com