Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Salah Satu Masjid Termegah di Indonesia yang Mirip Taj Mahal

Kompas.com - 21/05/2019, 11:07 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Masjid Raya Agung An-Nur salah satu ikon wisata religi yang dibanggakan masyarakat Riau. Masjid yang sangat megah ini, terletak di Jalan Hangtuah, Kelurahan Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

Uniknya, bangunan masjid ini sangat mirip dengan Taj Mahal di India yang masuk dalam daftar 10 keajaiban dunia.

Selama bulan Ramadhan, Masjid Agung An-Nur banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Pengunjung berwisata sambil beribadah.

Masjid yang dibangun dua tingkat ini, terdapat beberapa fasilitas. Tingkat atas khusus untuk shalat. Sedangkan ditingkat bawah ada tempat mengaji, tempat berkumpul pengunjung, sekretariat masjid, ruang remaja masjid, dan kelas tempat pendidikan Islam.

Masjid ini memiliki pekarangan yang luas. Luas keseluruhannya sekitar 12,6 hektar.

Baca juga: Seharian di Atas Menara Masjid, Pria ini Nekat Meloncat dari Ketinggian 15 Meter

Di sekeliling masjid dibuat taman hijau, yang menyejukkan pandangan. Seperti bagian depan terdapat tanaman kurma. Ada pula dua batang kurma yang sedang berbuah lebat. Tapi tak boleh dipetik oleh pengunjung.

Sementara untuk di bagian dalam masjid, memiliki ukiran-ukiran khas Melayu yang indah. Selain itu, dinding dalamnya juga dihiasi kaligrafi.

Mirip Taj Mahal

Bila dilirik dari depan, Masjid Agung An-Nur memang tak ubahnya seperti Taj Mahal. Ditambah lagi dengan adanya kolam besar memanjang. 

Arsitektur Masjid Agung An-Nur Pekanbaru ini terlihat seperti perpaduan Melayu, Arab, India dan Turki. Dilihat sisi bangunannya, terdapat satu kubah besar di tengah dan empat kubah kecil berwarna hijau, serta empat menara.

Jadi, buat para traveler tak perlu lagi jauh-jauh datang ke India, karena di Masjid Agung An-Nur ini sudah serasa di Taj Mahal.

Lalu, seperti sejarah Masjid Agung An-Nur?

Baca juga: Pemuda Umat Hindu di Kendari Bagi-bagi Takjil di Masjid

Wakil Sekretaris Badan Kesejahteraan Masjid Agung An-Nur Sukmadi Mukmin mengatakan, Masjid Agung Annur Pekanbaru dibangun pada tahun 1962 dan selesai tahun 1968. Arsiteknya bernama Ir Roseno.

"Sejarah pembangunan Masjid Agung An-Nur ini erat kaitannya dengan pembangunan pembangunan Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau," ujar Sukmadi saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (20/5/2019).

Dulunya, cerita dia, Ibukota Provinsi Riau terletak di Tanjung Pinang. Sekitar tahun 1960-an pindah ke Pekanbaru.

Dalam rangka pembangunan Kota Pekanbaru, pada saat itu Gubernur Riau yang kedua, Kaharuddin Nasution, mulai membangun infrastruktur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com