Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Gempa Magnitudo 5,0 di Sumba Barat Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 19/05/2019, 16:14 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (19/5/2019) siang.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Waingapu Arief Tyastama, mengatakan, gempa yang terjadi pada pukul 14.16 WITA itu dirasakan hingga dua daerah di wilayah itu.

"Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Lamboya Barat dan Nihiwatu pada skala II MMI,"ungkap Arief kepada Kompas.com, Minggu sore.

Episenter gempa ini lanjut Arief, terletak pada koordinat 10,33 derajat Lintang Selatan dan 119,23 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 kilometer arah Barat Daya Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Sumba Barat NTT

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Dugaan Penggelembungan Ribuan Suara PKB di Kabupaten Sumba Barat Daya, Saksi Gerindra Minta Digelar PSU

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com