Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Kartu Indonesia Pintar Ditemukan Berserakan di Jalan

Kompas.com - 19/05/2019, 13:31 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Khairina

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com- Sebanyak 64 lembar Kartu Indonesia Pintar (KIP) ditemukan berserakan di jalanan kawasan Monumen Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, Jawa Timur oleh seorang pengendara motor.

Kartu tersebut kondisinya masih baru. Hanya saja, dari alamat yang tertera pada kartu, semuanya beralamatkan di wilayah Kabupaten Tulungagung yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kediri.

Dicky Dear Saputra (24), pengendara motor warga Desa Pagu, Kecamatan Pagu itu mengaku menemukannya saat melintasi jalur antara Pamenang-SLG menggunakan motor, Sabtu (18/5/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Saat lewat itu saya kaget kok banyak kartu KIP di jalan," ujar Dicky saat ditemui, Minggu (19/5/2019).

Baca juga: Fakta Polisi Bongkar Prostitusi Online di Kediri, Penangkapan di Kamar 306 hingga Amankan Sarung Bantal

Dicky lantas memutar balik laju kendaraannya untuk kembali ke lokasi penemuan KIP itu dan memungutinya untuk kemudian mengamankannya.

Dicky mengaku sejak pertama kali lihat langsung memahami bahwa itu adalah Kartu Indonesia Pintar yang merupakan salah satu program pemerintah.

"Tapi kok ada di jalan," pikirnya.

Baca juga: Dari Tangan Muncikari Prostitusi Online di Kediri, Polisi Amankan Uang Rp 600.000

Masih bingung dengan temuan itu, dia lantas membawanya pulang dan baru keesokan harinya mendatangi pos sub sektor Ngasem untuk menyerahkan seluruh kartu yang ditemukannya itu, Minggu (19/5/209).

Kepala Polsek Pagu yang membawahi Pos Sub Sektor Ngasem Ajun Komisaris Muklason mengatakan, sepintas kartu tersebut memang asli. Hanya saja pihaknya masih akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui keaslian kartu itu.

"Kartu kan ada kode-kodenya. Itu yang akan dicek ," ujar AKP Muklason, Minggu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com