Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Alternatif Roda Dua di Karawang Mulai Diperbaiki untuk Mudik Lebaran

Kompas.com - 17/05/2019, 12:27 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai jalur alternatif mudik untuk kendaraan roda dua mulai diperbaiki dengan tambal sulam.

Kepala Bidang Pemeriharaan Dinas PUPR Karawang Bambang mengungkapkan, perbaikan dimulai dari Jalan Palumbonsari-Krasak sepanjang 5 kilometer. 

"Perbaikan ini mulai dilakukan di sejumlah titik. Mulai dari Palumbonsari hingga lampu merah Krasak, menuju jalur Pantura Karawang," katanya.

Dengan menggunakan peralatan manual para petugas terpantau melakukan pengerjaan dengan target utama yaitu perbaikan jalan yang mengalami kerusakan parah, seperti berlubang.

Baca juga: Polisi Karawang Temukan Kosmetik Ilegal di Pasar Cikampek

Bambang mengatakan, pihaknya menyiapkan sekitar 20 kontainer aspal hotmix untuk memperbaiki ruas jalan Palumbonsari - Krasak Cilamaya yang berlubang dengan sistem tambal sulam.

Ia menambahkan perbaikan ruas jalan alternatif khusus motor tersebut ditargetkan rampung pada H-10 Lebaran.

Jalur alternatif sepeda motor sepanjang 48 kilometer dari perempatan Tanjungpura, Lamaran sampai Cikalong ini, digunakan jika jalur arteri dan tol mengalami kemacetan parah.

Di mana pemisahan pemudik motor dengan pemudik mobil akan dilakukan di flyover Lamaran. Jalur ini digunakan terutama pemudik motor dari arah Jakarta tujuan Cirebon ataupun Jawa Tengah.

Baca juga: Belajar Merajut, Cara Warga Karawang Tunggu Waktu Buka Puasa...

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Bariu Bawana mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan pihak terkait jalan-jalan di jalur mudik yang perlu diperbaiki.

Hal ini dilakukan demi keselamatan pemudik dan warga Karawang yang melintasi jalur tersebut.

"Kami menghimbau perbaikan jalan rampung pada H-10 lebaran," kata Bariu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com