Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MInggu Ketiga Mei, BI Palu Siapkan Rp 1,9 Triliun Untuk Pelayanan Tukar Uang Baru

Kompas.com - 17/05/2019, 11:40 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Rachmawati

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com – Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Tengah  memproyeksikan kebutuhan uang menjelang Idul Fitri sebesar Rp 1,9 triliun. Menurut Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah nilai ini relative sama dengan realisiasi tahun 2018.

“Kami sudah membuat perhitungan bahwa untuk naik lebih dari realisasi tahun 2018 kayaknya tidak. Dan itu sudah dihitung betul oleh kawan-kawan perbankan sehingga kita sediakan Rp  1,9 triliun untuk seluruh Sulawesi Tengah. Jadi secara presentase sama, tidak ada yang berubah,” kata Miyono, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: BI Cirebon Siapkan Rp 8 Triliun Rupiah untuk Kebutuhan Tukar Uang Baru Selama Ramadhan

Selanjutnya dana sebesar satu triliun lebih itu nantinya akan ditarik perbankan di wilayah Sulawesi Tengah. Dana itu sebagian akan digunakan juga untuk kegiatan penukaran uang kepada masyarakat.

“Untuk tempat penukaran uang nanti akan kita cari tempat yang luas, biar kita bisa memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat luas. Kemungkinan besar di minggu ketiga atau empat di bulan Mei ini masyarakat sudah bisa menukarkan uangnya. Untuk informasinya tempat penukaran uang secepatnya akan disampaikan,” jelas Miyono.

Baca juga: BI Purwokerto Siapkan Rp 500 Juta untuk Kebutuhan Tukar Uang Baru di Pasar Murah

Terkait kegiatan penukaran uang yang dilakukan oleh Bank Indonesia mendapat respon dari warga, salah satunya adalah Marlia (60). Ia mengatakan akan menukarkan uang dengan pecahan lima ribu.

“Uang itu nanti akan saya berikan kepada anak-anak yang datang ke rumah untuk bertamu saat lebaran tiba. Anak-anak itu pasti suka dapat uang baru yang tidak lusuh,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com