Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

95 Unit Kapal Siap Angkut Pemudik Lebaran dari Pulau Batam

Kompas.com - 16/05/2019, 11:31 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Khusus Batam mengupayakan arus mudik perayaan Idul Fitri 2019 ini berjalan aman.

Bahkan, untuk mewujudkan hal tersebut, KSOP Kelas I Khusus Batam menyiapkan 95 unit armada kapal untuk mengangkut para pemudik dari Pulau Batam menuju ke sejumlah daerah yang ada di Indonesia, baik Belawan di Sumatera Utara, Tanjung Priok di Jakarta, Dumai dan Buton di Riau serta ke daerah lainnya.

"Ada 95 unit kapal yang kami sediakan untuk mengangkut para pemudik perayaan Idul Fitri 2019 di Batam," kata Kepala KSOP Kelas I Khusus Batam Kapren Barlet, Kamis (16/5/2019).

Menurut Barlet, 95 unit armada ini terdiri dari kapal Pelni dan sejumlah feri yang ada di Pelabuhan Domestik Sekupang, Telaga Punggur dan Pelabuhan Domestik Harbour Bay.

Baca juga: Layanan Khusus Bandara Juanda untuk Mudik Lebaran: Beroperasi 24 Jam, Takjil Gratis hingga Toilet 3D

Kemudian terminal Khusus Pelni Batu Ampar dan Terminal penyebrangan Ro-Ro Telaga Punggur.

"95 unit armada tersebut kami pastikan dalam kondisi laik laut semua dengan total kapasitas mencapai 20.085 penumpang," jelas Barlet.

Selain armada, pihaknya juga menyediakan posko di setiap pelabuhan yang ada di Batam. Setiap posko dijaga personel KSOP, kepolisian, TNI, Basarnas, serta dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Pemkot Batam.

Posko tersebut akan didirikan dari 21 Mei 2019 atau H-15 hingga 21 Juni 2019 atau H+15.

"Jadi nantinya jika ditemukan pemudik yang memang dalam kondisi kurang sehat, sebelum berangkat akan diberikan perawatan di posko tersebut," kata Barlet.

Sejumlah pemudik yang ingin beristirahat sejenak sebelum naik kapal juga bisa dilakukan di posko tersebut.

"Kami berharap para pemudik tidak memaksakan diri untuk menaiki kapal, karena ketersedian kapal untuk mengangkut para pemudik dari Batam jauh lebih dari cukup," jelasnya.

Untuk tiket Pelni sendiri, Barlet mengatakan, sejauh ini masih tersedia, dan para pemudik bisa membelinya di konter-konter resmi milik Pelni yang ada di Kantor Cabang Batam dan agen resmi Pelni.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Pemudik di Makassar Pilih Naik Kapal

Namun demikian Barlet mengaku ada beberapa kendala yang sampai saat ini belum bisa teratasi dalam memastikan kelancaran arus mudik dari tahun ke tahun.

Di antaranya keterbatasan areal parkir dan pengaturannya, terutama parkir inap dan kurang disiplinnya para pemudik, terutama di sekitar lokasi areal keluar masuk terminal.

"Terutama masih adanya calo tiket di sekitar terminal khusus Pelni Batu Ampar dan masih ada oknum yang sering memaksa menaikkan penumpang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com