Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Puskesmas di Pemukiman Padat Penduduk, Ini Kata Risma

Kompas.com - 15/05/2019, 18:17 WIB
Ghinan Salman,
Rachmawati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meresmikan puskesmas baru yang terletak di pemukiman padat penduduk, Kamis (15/05/2019).

Puskesmas yang berada di Jalan Karangrejo Gang 4, Kelurahan/Kecamatan Wonokromo, Surabaya memiliki tiga lantai.

Peresmian secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Baca juga: Risma Bentuk Tim Khusus untuk Bangun Pengelolaan Limbah B3 di Surabaya

Risma mengaku bahagia karena ada puskesmas di tengah perkampungan warga.

"Bapak ibu sekalian, saya senang ada puskesmas di tengah perkampungan seperti ini, dibandingkan puskesmas yang jauh dari rumah-rumah warga. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik," kata Risma.

Ia menjelaskan bahwa Puskesmas Wonokromo ini juga menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Wonokromo.

Dengan begitu, pasien yang melakukan pengobatan di puskesmas tersebut, jika diperlukan penanganan lebih lanjut maka bisa langsung dirujuk ke RSI Wonokromo.

"Kita juga kerjasama dengan RSI ada rujukan ke sana. Jadi bapak ibu sekalian tidak perlu khawatir kalau dirujuk ke sana. Pegang BPJS pasti dilayani," ujarnya.

Nantinya, Risma bersama Dinas Kesehatan akan membuat program yang ditujukan kepada ibu-ibu yang mengandung, yakni Jaminan Persalinan (Jampersal) yang bukan hanya diperuntukkan saat masa persalinan saja, tetapi saat ibu mulai satu bulan mengandung.

"Tidak ada yang boleh takut lagi periksa ke dokter atau bidan, karena kita sudah siapkan jaminan untuk persalinan. Tidak boleh takut tidak ada uang. Saya tidak mau ada lagi permasalahan saat melahirkan apalagi ibu atau bayinya meninggal," jelasnya.

Baca juga: Saat Diundang Jokowi, Risma Minta Sertifikasi Tanah Warga Morokrembangan

Selain program Jampersal, Risma menyebut juga akan ada pemeriksaan rutin secara gratis untuk usia sebelum lansia.

Program tersebut tercetus mengingat banyaknya angka usia pra-lansia yang mengalami sakit dibandingkan yang lansia.

"Bapak ibu sekalian saya melihat yang muda-muda (sebelum masuk angka usia lansia) malah rentan sakit. Saya melihat data. Jadi karena itu saya menyampaikan ke Dinkes diadakan pemeriksaan untuk usia sebelum lansia. Jika lansia sebulan sekali," katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Wonokromo Era Kartikawati sangat bersyukur atas diresmikannya puskesmas itu. Dia ingin terus memberikan sinergi yang positif baik program pemerintah ke puskemas atau program dari puskesmas sendiri.

"Saya berharapnya untuk masyarakat sekitar bisa menerima kehadiran puskesmas kita. Menjadikan mereka lebih sehat, artinya puskesmas kita tidak melulu mengobati, tapi pencegahan juga bisa," kata dia.

Baca juga: Risma Kembali Kunjungi Keluarga KPPS yang Meninggal, Bantu Biaya Pendidikan hingga Pekerjaan

Era memastikan bahwa Puskesmas Wonokromo memiliki berbagai macam program, diantaranya Pelayananan Puskesmas Keliling, Pos Kesehatan Kelurahan, dan Jejaring Pos Kesehatan.

"Melalui program tersebut, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas itu sebaik mungkin," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com