Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kecelakaan, Median Jalan Pantura Dicat

Kompas.com - 15/05/2019, 17:30 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


CIREBON, KOMPAS.com – Sejumlah pekerja dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melakuan pengecatan median jalan di perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pengecatan median itu terpantau di Losari Cirebon, yang berjarak sekitar 500 meter menuju Losari Brebes, Jawa Tengah. Mereka mengecat median atau marka jalan dengan warna hitam dan putih agar kembali jelas terlihat oleh seluruh pengguna jalan.

Pengecatan median jalan dilakukan pada sisi arah mudik, yakni Jakarta menuju Jawa Tengah, maupun sebaliknya.

Baca juga: Tim Kompas Survei Kesiapan Jalur Mudik-Balik Arteri Pantura

 

Median adalah suatu pemisah fisik lalu lintas yang berfungsi menghilangkan konflik lalu lintas dari arah berlawanan sehingga pada gilirannya akan meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Wawan, salah satu pekerja Kemen PUPR menyampaikan, pengecatan ini dimulai dari Cirebon hingga perbatasan dengan Brebes, Jawa Tengah.

“Pengecatan ulang trotoar untuk menghindari kecelakaan. Ini memperjelas lagi yang lama sudah ketutup debu, sudah pudar, biar kelihatan lagi. Semuanya jumlah ada delapan, dari Cirebon arah Losari. Ini tinggal finishing doang,” kata Wawan, kepada Kompas.com, Minggu (12/5/2019).

Baca juga: Jalur Mudik Tol Palikanci Diperbaiki

Warna median jalan yang sudah hilang, pudar dan kusam, membahayakan para pengguna jalan, terutama pemudik yang melintas jalur tersebut di malam hari.

Pekerja pengecatan di bagi ke dalam beberapa tim, salah satunya tim Wawan yang mengerjakan hingga perbatasan Provinsi Jawa Tengah.

Pengecatan median jalan juga bagian dari upaya pemerintah memaksimalkan persiapan infrastruktur mudik dan balik tahun 2019 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com