Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat Mahal, Pemudik di Makassar Pilih Naik Kapal

Kompas.com - 15/05/2019, 14:20 WIB
Himawan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Harga tiket pesawat yang melonjak drastis akhir-akhir ini membuat warga yang hendak mudik Lebaran tahun ini memilih jalur kapal.

Tak terkecuali di Kota Makassar, tiket kapal laut yang dikeluarkan PT Pelni sejak bulan Ramadhan laris dan membuat beberapa warga harus mengantre demi bisa pulang ke kampung halaman.

Heny, salah satu calon pemudik mengatakan, ia pada Selasa (14/5/2019) lalu telah membeli tiket kapal laut agar tidak kehabisan sebelum hari raya Idul Fitri.

Ia berencana ingin mendapatkan tiket yang berangkat ke Bali pada 31 Mei, tetapi yang tersisa hanya yang berangkat pada 4 Juni.

"Mau mudik ke Surabaya beli tiga tiket untuk tiga orang. Langsung tiket pulang Bali. Rencana sih tanggal 31, tapi semua full, jadi yang kedapat tanggal empat. Harga tiketnya Rp 274.500. Kayaknya ada kenaikan sekitar Rp 10.000," kata Heny seusai membeli tiket di kantor PT Pelni Indonesia Cabang Makassar.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melambung, Pemudik Mengaku Stres

Heny mengatakan, bila dibanding harga tiket pesawat, tiket kapal jauh lebih murah. Hal ini membuatnya memilih mudik dengan kapal tahun ini.

Tahun ini, kata Heny, harga tiket pesawat sudah mencapai Rp 1,4 juta, berbeda dari tahun lalu yang hanya sekitar Rp 700.000.

Ia bersama dua keluarganya membeli tiket sejak awal karena takut tiket akan habis sebelum hari raya.

"Lebih awal karena takutnya nanti kalau mepet kan kehabisan. Sedangkan dari informasi, penumpang kapal laut membeludak tahun ini karena tiket pesawat mahal banget, jadi kayaknya sejak awal kita harus sudah beli," imbuhnya.

Sementara itu, Manajer PT Pelni Cabang Makassar Budi Wibowo mengatakan, pihaknya menambah armada untuk mengantisipasi jumlah pemudik melalui kapal pada mudik tahun ini.

Ada 14 armada kapal disediakan tahun ini yang akan bergerak ke semua wilayah utara, barat, timur, serta selatan Makassar.

"Kami tidak ada armada cadangan, namun PT Pelni Cabang Makassar menambah rute-rute yang berpotensi arus mudik dalam jumlah banyak seperti Bima, Baubau, Surabaya. Nah, kita tambah trek ekstra, yang mungkin selama ini hanya 1 kali kunjungan kita jadikan dua kali kunjungan," kata Budi, Rabu (15/5/2019).

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Bandara Kualanamu Rugi Rp 2 Miliar per Bulan

Budi mengatakan, hingga saat ini tiket kapal masih tersedia. Namun ia mengimbau bagi warga yang ingin mudik saat hari raya Idul Fitri untuk segera membeli tiket kapal karena sejak tiga bulan terakhir, penjualannya meningkat drastis di Makassar.

"Maka, untuk angkutan arus mudik Lebaran 2019 ini kita sudah antisipasi untuk kesiapan tiket, dan kami sudah menginformasikan kepada seluruh warga yang akan menggunakan kapal Pelni sebagai sarana transportasi untuk membeli tiket jauh-jauh hari karena kapasitas kita terbatas," Budi menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com