Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor Jantung Sejak Lahir, Bayi 11 Bulan di Banda Aceh Butuh Bantuan

Kompas.com - 15/05/2019, 07:32 WIB
Raja Umar,
Khairina

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com- Cut Alia, bayi berusia 11 bulan anak dari keluarga kurang mampu yang mengidap penyakit bocor jantung sejak lahir kondisinya sangat memprihatinkan.

Buah hati dari pasangan T. Zulfian dan Nursiyah, warga Ie Masen Kaye Adang, Kecamatn Syiah Kuala, Banda Aceh itu hanya mampu terbaring lemas menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

“Sekarang sudah 9 hari dirawat di ruang isolasi anak RSUZA, karena terserang virus campak,” kata Nursiyah (33) kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Bocah Bocor Jantung Dipindahkan ke RSUZA Banda Aceh

Menurut Nursiyah, kondisi buah hatinya itu semakin parah dalam dua pekan terakhir ini akibat terserang virus campak.

Seluruh bagian tubuhnya berbintik merah dan suhu badan sering mengalami demam tinggi naik turun.

“Kata dokter campak, kondisinya sangat lemas dan tubuhnya penuh bintik merah, selama menjalani perawatan hidung Alia dipasang selang untuk alat bantu pernafasan dan penyuplai makanan,” katanya.

Nursiyah, ibu dari bayi penderita bocor jantung itu mengaku sangat berharap ada uluran bantuan dari dermawan untuk kebutuhan biaya buah hatinya sehari-hari, seperti susu, popok dan keperluan untuk biaya transportasi saat membawa anaknya yang rutin bolak balik masuk rumah sakit untuk check up dan terapi.

Baca juga: Perempuan di Bali Ini Nekat Melahirkan di Lapangan Ditemani Bocah 4 Tahun

Nursiyah berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan suaminya petugas sekuriti dengan penghasilan bulanan yang sangat terbatas. 

“Harapan saya Alia bisa sembuh, kemudian sangat berharap ada yang mau membantu untuk kebutuhan Alia sehari-hari, seperti susu, pampers, dan biaya transportasi membawa Alia yang bolak balik ke rumah sakit. Setiap minggu rutin untuk check up dan terapi. Memang biayanya geratis menggunakan BPJS, tapi untuk biaya transport dan kebutuhan Alia sudah tidak tau harus dari mana, belum lagi tiga anak saya yang sudah sekolah” tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com