Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg Demokrat Ibas Raih Suara Terbanyak di Dapil Jawa Timur

Kompas.com - 14/05/2019, 14:50 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) tercatat sebagai caleg dengan perolehan suara tertinggi dari daerah pemilihan Jawa Timur.

Di posisi kedua disusul adik Bupati Bangkalan, R.Imron Amin, dan Mantan Bupati Probolinggo 2 periode, Hasan Aminudin. Ketiganya dipastikan melenggang ke Senayan.

Ibas yang juga putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu meraup suara 263.510 suara, dari dapil Jatim 7 meliputi Kabupaten Ngawi, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, dan Magetan.

Baca juga: Caleg Demokrat Ibas hingga Dede Yusuf Lolos ke DPR, Ferdinand Hutahaean Gagal

Dengan perolehan suara di kampung halamannya tersebut, berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jatim yang diolah menggunakan metode hitung Pileg 2019 oleh SCG Research and Consulting, Ibas dipastikan kembali terpilih menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat.

Di dapil tersebut, PDI-P meloloskan mantan juru bicara presiden Jokowi, Johan Budi. Sementara aktivis Budiman Sujatmiko tumbang di dapil tersebut dengan perolehan 48.806 suara.

Caleg dengan perolehan suara tertinggi kedua dari Jawa Timur diraih R. Imron Amin dengan perolehan 242.437 suara.

Adik bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron itu maju melalui Partai Gerindra dari dapil Jatim 11 meliputi 4 daerah wilayah Madura yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Baca juga: Hanya 8 Caleg Dapat Suara di Kabupaten Paniai Papua, Parpol Nyatakan Tolak Hasil Pleno
Sementara caleg dengan suara tertinggi ketiga, juga berasal dari dapil Madura. Caleg PPP Ach Baidowi, berhasil meraih 227.170 suara.

"Di Dapil Madura ada caleg petahana dari Partai Gerindra dengan jumlah suara di atas 208.690, yakni Nizar Zahro. Namun karena kuota Gerindra di dapil tersebut hanya 1 kursi, maka jatah kursi hanya untuk R Imron Amin," kata Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, Selasa (14/5/2019). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com