Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Suara Terbanyak di Banten, Ketua DPP Gerindra Melenggang ke Senayan

Kompas.com - 14/05/2019, 12:51 WIB
Acep Nazmudin,
Rachmawati

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Ketua DPP Gerindra Desmond J Mahesa kembali melenggang ke Senayan setelah meraih suara terbanyak di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II.

Berdasarkan form DC1 yang dipublikasikan di rapat pleno KPU Banten, Desmond meraih 103.873 suara di Dapil Banten II yang meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon.

"Ini periode ketiga untuk pak Desmond," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Banten, Andra Soni saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Rekapitulasi KPU: Di Dapil II Lampung, Tiga Besar PDI-P, Golkar, dan Gerindra

Selain Desmond, Partai Gerindra juga meloloskan tiga nama lain ke Senayan yaitu calon petahana Sufmi Dasco Ahmad dengan 99.002 suara, dan dua nama baru yaitu Ali Zamroni yang meraih 56.792 suara, serta Martina dengan raihan 28.539 suara.

Andra menjelaskan kursi yang didapatkan Partai Gerindra di DPR RI I bertambah dari tahun 2014 lalu dari tiga kursi menjadi empat kursi

"Alhamdulillah sesuai dengan prediksi di awal pemilu. Target kita menang di pilpres dan berhasil di pileg," kata dia.

Andra memastikan jika keempat nama tersebut bakal mengisi kursi Gerindra di DPR RI, sesuai dengan peringkat perolehan suara yang sudah direkapitulasi berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

"Berdasarkan dokumen DC1 nama-nama tersebut yang masuk ranking," ujar dia.

Baca juga: Raih Suara Terbanyak di Banten, Rano Karno Dongkrak Suara PDI-P

Dengan hasil ini, Gerindra menjadi partai kedua terbanyak di Banten yang mengirim wakil ke DPR RI dengan empat caleg.

Di urutan pertama ditempati oleh PDIP yang mengirimkan lima wakil yaitu Rano Karno, Marinus Gea, Hasbi Asyidiki Jayabaya, Ananta Wahana, dan Ichsan Soelistyo.

Hasil perolehan suara tersebut sudah ditetapkan oleh KPU Banten dalam rapat pleno rekapitulasi suara pemilu serentak 2019 tingkat Provinsi Banten yang selesai Senin (13/5/2019) dini hari.

"Rekapitulasi DPR RI sudah kita tetapkan, tapi belum pengesahan karena kewenangan ada di KPU RI," kata Komisioner KPU Banten Masudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com