Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermodal Rp 10 Juta, Komedian Oni SOS Kembali ke DPD RI dengan Raihan Suara Terbanyak

Kompas.com - 14/05/2019, 11:22 WIB
Reni Susanti,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Oni Suwarman atau lebih dikenal sebagai Oni SOS kembali duduk di kursi DPD RI. Komedian tersebut meraih sekitar 4 juta suara atau yang tertinggi di Indonesia.

“Bersyukur sama Allah (kembali ke DPD) dengan perolehan suara yang tidak disangka-sangka. Da aku mah apa atuh,” ujar Oni saat dihubungi Kompas.com melalui saluran telepon, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Berebut Kursi DPD di NTB: Mantan Istri TGB Kalah, hingga Evi Apita Menang Karena Foto Cantik

Oni menjelaskan, pada periode 2014-2019 ia meraih 2 juta suara untuk kursi DPD RI. Sedangkan pada Pemilu 2019, raihan suaranya naik dua kali lipat di angka 4.132.681.

Melihat suaranya yang tinggi, Oni meyakini semuanya karena kehendak Allah. Karena jika melihat modal yang ia keluarkan sangat kecil, hanya Rp 10 juta.

Ia bahkan tidak membuat baliho. Ia memanfaatkan baliho dari KPU sebanyak 20 buah per kabupaten. Itulah mengapa tidak banyak baliho yang memajang wajah Oni di Jawa Barat.

“Kalau teman nanya, kang minta baliho. Saya jawab, ada tuh di KPU,” ungkapnya.

Uang Rp 10 juta itu Oni gunakan untuk pembuatan video klip Colenak Coleni. Colenak Coleni merupakan slogan yang digunakannya untuk kampanye.

“Colenak, dicocol enak. Coleni, colok Aa Oni,” jelasnya.

Baca juga: PDI-P Tak Dapat Kursi DPR di Dapil Sumbar, Ini Kata Ketua DPD

Slogan tersebut viral dan menyebar cepat di berbagai kalangan dan media sosial seperti Instagram. Bahkan temannya yang di Rusia ikut berpartisipasi memviralkan Colenak Coleni.

Rahasia lainnya dari kampanye Oni adalah pengoptimalan media sosial. Selain sangat murah, kampanye di media sosial terbilang efektif bagi Oni.

Untuk sumbangan, Oni mengaku, datang dari saudara. Misalnya, ketika ia akan membayar untuk spanduk, saudaranya akan menolak pembayaran dari Oni.

“Mau dikasih uang, (dia bilang) ga usahlah, cuma awi (bambu) doang,” tuturnya.

Oni juga mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Jabar yang memilihnya. Ia akan menjaga amanah tersebut dan berjuang agar tidak mengecewakan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com