Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Akan Dilakukan Ojek "Online" Erwin Siahaan Setelah Lolos Caleg

Kompas.com - 14/05/2019, 10:35 WIB
Dewantoro,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com — Menjadi wakil rakyat mungkin adalah salah satu muara atas ketertarikan Erwin Siahaan terhadap dunia politik.

Pengemudi ojek online ini berharap bisa memberikan manfaat untuk orang banyak dengan kiprahnya kelak di kursi legislatif.

Kepada Kompas.com, Senin (13/5/2019), saat ditemui di rumahnya di Jalan Maju Raya, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Erwin mengatakan dalam hidup berdemokrasi, perbedaan adalah hal lumrah.

Dia sendiri mengaku tidak mengetahui apa pilihan politik istrinya. Begitu pun calon yang terpilih bisa jadi tidak mengetahui siapa yang memilihnya.

"Aku mau mengatakan kepada masyarakat bahwa demokrasi itu ada perbedaan dan itu indah," katanya.

Baca juga: Kisah Driver Ojek Online yang Lolos Jadi Anggota DPRD, Bermimpi Didatangi Jokowi hingga Modal Uang Asuransi Kematian

Dia mengaku resah dengan sering terjadinya fanatisme beragama sehingga menyinggung penganut agama yang lain. Menurutnya, fanatisme tidak akan menjadi masalah jika itu hanya berlaku pada diri dengan Tuhannya.

"Saya, misalnya, fanatik dengan agama saya. Tapi ini hanya untuk saya dengan Tuhan," katanya.

Partai Solidaritas Indonesia mengusung semangat anti-intoleransi dan karenanya dia sangat tertarik bergabung dan membesarkannya, terutama di Kecamatan Medan Johor. Partai ini juga diisi oleh orang-orang muda yang punya semangat.

"Saya lahir di tahun 1980-an yang merasakan perubahan. Misalnya dulu kita bisa gampang main guli (kelereng), sekarang gadget, banyak sudah perubahan," katanya.

Persoalan masyarakat lainnya adalah soal jalan yang rusak. Infrastruktur yang rusak akan menjadi perhatiannya ketika mulai bekerja.

Saat ini ia sedang mempelajari dan mendalami peraturan daerah dan berbagai aturan lain untuk menunjang tugasnya mendatang.

"Intinya adalah bagaimana kita terus jujur dalam bekerja. Bekerja sesuai konstitusi. Tetap dalam koridor," katanya.

Baca juga: Cerita Kuli Salak yang Lolos Jadi Anggota DPRD, Andalkan Iuran Teman hingga Utang Rokok di Warung

Erwin mengaku, walaupun banyak yang sudah mengetahui bahwa dirinya lolos menjadi legislatif, ia belum mendapatkan pernyataan atau harapan langsung dari komunitas ojek online.

"Tentunya ada permasalahan. Tapi yang saya ingin sampaikan adalah, kita berupaya untuk bekerja keras, jujur. Dan, kebijakan atau aturan yang terkait harus dibahas dengan baik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com