Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamatkan Nyawa Petugas PLN yang Tersetrum, Bripda Angga Dapat Penghargaan

Kompas.com - 13/05/2019, 21:04 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa memberikan penghargaan kepada anggota Polres Pulau Ambon, Bripda Angga Badina atas aksi heroiknya menyelamatkan seorang petugas PLN, Mualif (25), yang terkena setrum saat memasang jaringan listrik di Jalan dr Latumeten, kawasan Perigi Lima, Kecamatan Nusaniwe Ambon.

Penghargaan tersebut diberikan Kapolda saat memimpin apel pagi yang berlangsung di Lapangan Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin (13/5/2019).

Pemberian penghargaan ikut dihadiri Wakapolda, para pejabat utama, dan personel Polda Maluku.

Baca juga: Diganggu Lebah Saat Sedang Memasang Aliran Listrik, Mualif Jatuh Tersetrum

Angga merupakan anggota Subaghumas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Selain mendapatkan piagam penghargaan, Angga juga mendapat hadiah berupa uang tunai dari Kapolda Maluku.

"Apa yang telah dilakukan Bripda Angga Badina merupakan pengayom dan pelindung masyarakat,” kata Kapolda usai apel tersebut.

Menurut Lumowa, keberanian Bripda Angga untuk menolong petugas PLN yang kesetrum di tiang listrik saat masyarakat lainnya takut melakukan pertolongan kepada korban merupakan implementasi dari Catur Prasetya, yang merupakan tugas anggota Polri yaitu berkorban demi masyarakat, Bangsa dan Negara.

"Personel Polri bertugas tanpa memikirkan resiko. Yang mana pegawai PLN tersebut (masyarakat) tubuhnya sedang terkena sengatan listrik, akan tetapi personel Polri tersebut tetap menaiki tiang listrik dengan menggunakan tangga kayu dan menolong Pegawai PLN," ujar Lumowa.

Baca juga: Di Dapil Maluku Utara, Ayah dan Anak Lolos ke Senayan

Keberanian Bripda Angga, kata dia, harus diteladani semua personel di jajaran Polda Maluku. Dia juga meminta kepada setiap anggota Polri untuk dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi.

"Kepada seluruh personel Polda Maluku agar meneladani aksi Bripda Angga yang melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi," pinta dia.

Bripda Angga Badina menyelamatkan Mualif, petugas PLN dari maut saat korban tersengat listrik dan tergantung di tiang listrik di Jalan dr Latumeten Ambon pada Jumat pekan kemarin.

Aksi Bripda Angga ini terbilang heroik lantaran saat itu dia nekat naik ke atas tiang listrik padahal saat aliran listrik belum dipadamkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com