Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Harimau di Tugu Maung Bandung Dekat Balai Kota Roboh

Kompas.com - 13/05/2019, 15:36 WIB
Putra Prima Perdana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Warga Kota Bandung dihebohkan dengan beredarnya foto patung harimau di Tugu Maung Bandung di tengah persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Braga, Jalan Wastukencana, dekat Balai Kota Bandung.

Foto yang diunggah dalam akun instagram @bdgsosmed tersebut menampilkan salah satu dari empat patung harimau yang berdiri di tengah tugu roboh ke bawah.

Waduh.. maung na ngajleng (harimaunya lompat). Ornamen kota yang terletak di simpang Jl. Perintis Kemerdekaan- JI. Braga- JI. Wastukencana dekat balaikota mencuri perhatian warga yang melintas pada Ahad (12/5/2019) siang. Belum diketahui penyebab patung "maung"' ini jatuh. Semoga cepat ada perhatian dari instansi terkait,” tulis akun @bdgsosmed.

Baca juga: Temuan Tengkorak Manusia di Bandung, Gunakan Topi Bertuliskan Converse

Kabid Pertamanan di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKPPP) Kota Bandung Iwan Sugiono membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, patung harimau tersebut roboh pada Sabtu (11/5/2019).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Waduh.. maung na ngajleng ???? ???? . Ornamen kota yang terletak di simpang Jl. Perintis Kemerdekaan - Jl. Braga - Jl. Wastukencana dekat balaikota mencuri perhatian warga yang melintas pada Ahad (12/5/2019) siang . . Belum diketahui penyebab patung "maung" ini jatuh. Semoga cepat ada perhatian dari instansi terkait cc @dpkp3bandung @dpukotabandung @bdgcommandcenter . . . . . . . follow instagram @bdgsosmed follow twitter @bdgsosmed Untuk dapatkan informasi paling menarik di sosmed ???? . . . . #bdgsosmed #bandungsosmed #bandung #cimahi #bandungbarat #kbb #kabupatenbandungbarat #kabbandung #kabupatenbandung #sumedang #subang #cianjur #purwakarta #garut #jawabarat #jabar #kecelakaan #infobandung #infobandungraya #infobandungkota #sekitarbandung

A post shared by BANDUNG Sosial Media (@bdgsosmed) on May 11, 2019 at 11:38pm PDT

“Iya, benar, dari hari Sabtu,” kata Iwan, saat dihubungi melalui ponselnya, Senin (13/5/2019).

Iwan mengatakan, penyebab patung harimau tersebut roboh setelah diselidiki karena rusak oleh ulah tangan jahil anak jalanan (anjal).

“Kata satpam yang ada di sekitar situ katanya digalentungin sama anak-anak jalanan,” ucap dia.

Baca juga: Temuan Tengkorak Manusia di Bandung, Awalnya Dikira Jamur Hutan

Iwan menambahkan, pihaknya akan segera melakukan penggantian terhadap patung harimau yang rusak tersebut. “Itu bahannya resin, bukan beton,” ujar dia.

Meski sudah rusak, pihaknya tidak akan menambah pagar pengamanan di Tugu Maung Bandung yang jumlahnya lebih dari lima tugu saat ini.

“Kalau pakai pagar pembatas merusak estetika. Kami imbau saja kepada masyarakat kalau ada yang naik dilarang saja atau laporkan,” ujar dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com