Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Menang Pemilu di Kendal Mengalahkan PDI Perjuangan

Kompas.com - 13/05/2019, 13:48 WIB
Slamet Priyatin,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

KENDAL,KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, PKB memperoleh suara 117.107 mengalahkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang hanya memperoleh suara 112.159.

Ketua KPUD Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, rekapitulasi dan penghitungan suara partai peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Kendal sudah selesai dilakukan. Rekapitulasi suara itu juga sudah diserahkan ke KPU Jawa Tengah.

“Tanggal 6 Mei kemarin, rekapitulasi dan penghitungan suara itu, sudah saya bacakan di KPU Jawa Tengah,” kata Hevy, di kantor KPU Kendal, Senin (13/05/2019).

Baca juga: Raih 24.415 Suara, Roy Suryo Gagal Lolos ke Senayan

Hevy menambahkan, untuk penetapan dan perolehan kursi DPRD Kendal, sesuai aturan paling lama 3 hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mencantumkan permohonan perselisihan hasil pemilu dalam registrasi perkara konstitusi.

Bila ada gugatan, penetapan dan perolehan kursi dilakukan paling lama 3 hari setelah pembacaan putusan MK.

“InsyaAllah Kendal tidak ada gugatan. Sebab sampai saat ini tidak ada masalah,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, Ketua PKB Kabupaten Kendal M Makmun mengaku senang dengan perolehan suara partainya sehingga bisa memenangkan pemilu di Kendal.

Menurut Makmun, dengan memperoleh suara 117.107, PKB kemungkinan besar memperoleh 10 kursi di DPRD Kendal.

“Kalau pada pemilu sebelumnya, kami hanya memperoleh 6 kursi,” katanya.

Baca juga: KPU Papua Segera Ambil Alih Pleno Rekapitulasi Kota Jayapura

Makmun menjelaskan, meningkatnya perolehan suara PKB Kendal hingga menjadi pemenang dikarenakan peran serta semua unsur. Baik itu unsur partai, calon legislatif, kader partai, dan masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada PKB.

“Selama pemilu di gelar dan PKB menjadi pesertanya, baru Pemilu 2019 PKB memperoleh suara terbanyak,” tegasnya.

Baca juga: Hasil Pleno KPU NTB, Prabowo-Sandi Raih 66,14 Persen Suara

Sementara itu, Ketua PDI Perjuangan Widya Kandhi Susanti mengatakan bahwa PDI Perjuangan Kabupaten Kendal memperoleh suara 112.159. Meskipun kalah suara dengan PKB, namun partainya kemungkinan memperoleh 10 kursi di DPRD Kendal.

“Kan pembagian kursi itu dasarnya per daerah pemilihan (Dapil). Jadi dari penghitungan kami, PDI Perjuangan juga memperoleh 10 kursi, sama dengan PKB,” ujarnya.

Menurut Widya, dengan memperoleh 10 kursi ini ada kenaikan 1 kursi, karena Pemilu sebelumnya PDI Perjuangan Kendal memperoleh 9 kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com