Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Akhir Rapat Pleno KIP, Prabowo-Sandi Menang Mutlak di Aceh

Kompas.com - 13/05/2019, 06:16 WIB
Raja Umar,
Khairina

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com-Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Aceh diselenggarakan Komisi Independen Pemilihan Aceh di Gedung DPR Aceh, Minggu (12/5/2019). 

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto–Sandiaga Salahudin Uno unggul dalam perolehan suara di Provinsi Aceh.

Dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh, pasangan calon nomor urut 02 itu meraup suara sebanyak 2.400.746, sementara pasangan calon nomor urut 01 Jokowi–Ma’ruf memperoleh 404.188 suara.

Baca juga: Hari Terakhir Pleno, KPU NTB Dihujani Protes Para Saksi

Dengan rincian, jumlah seluruh suara sah 2.804.934, tidak sah 83.326, dari jumlah keseluruhan suara sah dan tidak sah 2.888.260.

Hasil itu dibacakan oleh Komisioner KIP Aceh Munawar Syah, kemudian ditetapkan oleh ketua KIP Samsul Bahri.

Baca juga: Alasan Keamanan, KPU Asmat Pindahkan Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu di Mimika

Pantauan Kompas.com, hingga Senin dini hari rapat pleno terbuka masih berlangsung. Setelah pembacaan dan tanda tangan hasil perolehan suara calon presiden dan wakil presiden, KIP Aceh melanjutkan dengan pembacaan perolehan hasil rekapitulasi perolehan suara untuk DPD RI, DPR RI, DPRA dan DPRK

Rapat pleno yang dihadiri oleh perwakilan seluruh partai politik, pendukung paslon, saksi dan dari unsur lainnya pada hari terakhir itu mendapat pengawalan ketat oleh personil Polda Aceh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com