Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Dapil Maluku Utara, Ayah dan Anak Lolos ke Senayan

Kompas.com - 12/05/2019, 13:24 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara menyelesaikan pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Malut Pemilu 2019 yang berlangsung di Grand Daffam Hotel di Ternate, Sabtu (11/05/2019) tadi malam.

Dari hasil rekap 10 kabupaten dan kota di Maluku Utara, seorang ayah dan anaknya lolos ke senayan yakni DPR RI dan DPD untuk daerah pemilihan (dapil) Maluku Utara.

Untuk DPR RI yakni Irine Yusiana Roba dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), sementara yang lolos di DPD adalah ayahnya bernama Namto Hui Roba.

Irine adalah salah satu peraih suara terbanyak caleg DPR RI Dapil Maluku Utara dari total tiga kursi di DPR RI.

Baca juga: Rekapitulasi Rampung, Jokowi-Ma’ruf Menang di 6 Kabupaten/Kota di Maluku Utara

Berdasarkan form model C1 DPR Maluku Utara, suara PDI-P dan caleg di Maluku Utara yakni 111.296. Angka ini sekaligus menempatkan PDIP sebagai peraih kursi terbesar DPR RI Dapil Malut.

Sementara ayahnya Ir. Namto Hui Roba adalah calon dari DPD RI Dapil Malut dengan perolehan 44.608 suara.

Irine merupakan calon DPR RI Dapil Maluku Utara petahana, sementara ayahnya Namto Hui Roba adalah mantan Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara.

Terkait dengan hasil rekapitulasi Ketua KPU Maluku Utara, Pudja Sutamat mengatakan, rencananya hasil pleno ini akan di bawa ke Jakarta pada Minggu (12/05/2019).

“Selanjutnya kita menunggu pleno tingkat KPU pusat. Jika dalam waktu tiga hari pasca pleno di pusat tidak ada gugatan maka kita akan melakukan pleno penetapan perolehan kursi dan caleg,” kata Pudja.

Baca juga: Usai Dilantik Jokowi, Gubernur Maluku Utara Minta Jalan Tol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com