Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tahanan Diperiksa Terkait Kerusuhan di Rutan Siak

Kompas.com - 12/05/2019, 11:34 WIB
Citra Indriani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Setelah melakukan evakuasi dan pemindahan terhadap 615 penghuni Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura, akibat kerusakan pasca kerusuhan dan pembakaran rutan, Sabtu (11/5/2019) dini hari, sekitar pukul 01.00 Wib.

Sebanyak 7 orang tahanan Rutan Siak, diamankan untuk menjalani pemeriksaan dari petugas Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Siak, terkait aksi kerusuhan dan pembakaran Rutan pada Sabtu dini hari.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto mejelaskan pada wartawan, Minggu (13/5/2019), dari 648 jumlah tahanan di Rutan Kelas IIB Siak, 615 tahanan telah dipindahkan ke sejumlah lapas dan rutan diwilayah Riau.

Selain itu, lanjut Narto, masih ada 33 orang yang belum dipindahkan kerena ada 2 tahanan yang masih menjalani perawatan di RSUD Siak, 1 orang di Polsek Siak dan 7 orang masih diamankan di Polres Siak.

Baca juga: 14 Narapidana yang Kabur Pasca Kerusuhan Rutan Siak Masih Dicari

"Tujuh Tahanan yang kita amankan ini, masih menjalani pemeriksaan petugas Sat Reskrim Polres Siak, Terkait aksi kerusuhan dan pembakaran di Rutan Siak," ucap Narto.

Sedangkan untuk total tahanan yang kabur hingga saat ini berjumlah 14 orang yang sebelumnya kabur berjumlah153, 139 telah berhasil ditangkap, namun petugas cukup kesulitan untuk mengetahui data dan identitas tahanan yang kabur karena file tahanan sudah terbakar, jelas Narto.

Sementara itu, sebanyak 615 tahanan dipindahkan ke beberapa lapas yang ada di sekitar Riau hingga Sabtu (11/5/2019) malam.

Baca juga: Pasca-kerusuhan, Ratusan Napi Rutan Siak Dipindahkan dengan Pengawalan ketat

Rincian tahanan yang dipindahkan adalah 81 orang dipindahkan ke Rutan Bangkinang, 12 orang ke Rutan Anak Pekanbaru, 45 orang ke Rutan Bengkalis, 26 orang ke Lapas kelas II A Pekanbaru, 5 orang ke Rutan Dumai, 73 orang ke Rutan Gobah Pekanbaru. Sementara 265 orang dipindahkan ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru dan 108 orang tahanan dipindahkan ke Rutan Gobah Pekanbaru.

Untuk proses pemindahan tahanan di kawal oleh 2 pleton pasukan Brimobda Polda Riau yang berjumlah sebanyak 56 personil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com