Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN Targetkan Bandara JB Soedirman di Purbalingga Beroperasi Lebaran 2020

Kompas.com - 11/05/2019, 13:45 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Rini Soemarno meminta pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, selesai dalam 12 bulan ke depan.

Hal itu dikatakan Rini saat meninjau pembangunan Bandara JB Soedirman, Sabtu (11/5/2019).

"Jadi pokoknya targetnya puasa tahun depan semua sudah selesai, sudah bisa testing runway, jadi pas waktunya mudik, pesawat komersial sudah bisa operasi," kata Rini.

Rini membandingkan pembangunan Yogyakarta International Airport yang memiliki runway sepanjang 3.000 meter selesai dalam waktu 12 bulan.

Oleh karena itu, dalam kurun waktu yang sama, pembangunan Bandara JB Soedirman yang memiliki runway lebih pendek yakni 1.600 meter diharapkan dapat selesai.

"Kalau pendanaan tidak ada masalah, alhamdulillah pembebasan lahan sampai dengan 1.600 runway-nya sudah selesai. Kita juga harus menyiapkan emergency area untuk pemadam kebakaran dan sebagainya sudah ada tempatnya. Kalau itu sudah semua, insya Allah kita bisa selesai cepat," ujar Rini.

Menurut Rini, keberadaan Bandara JB Soedirman sangat diperlukan untuk mengembangkan perekonomian di wilayah Jateng bagian selatan.

Pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dinilai sangat baik.

"Presiden juga kan sudah menekankan betul mengenai Bandara Wirasaba (JB Soedirman) ini. Ini kan bagian selatan yang pertumbuhan ekonominya sangat baik. Jadi kalau nantinya ada bandara, kami yakin akan lebih baik lagi," ujar Rini.

Selama ini, kata Rini, banyak investor asing yang menanamkan modalnya di Purbalingga. Namun, salah satu kelemahan di wilayah Jateng selatan adalah soal konektivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com