Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekapitulasi Suara di Kalbar Kelar, Jokowi-Ma'ruf Unggul 500 Ribu Suara

Kompas.com - 11/05/2019, 08:45 WIB
Hendra Cipta,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Rekapitulasi suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) telah rampung 100 persen. Hal itu berdasarkan rapat pleno KPU Kalimantan Barat di yang digelar di Hotel Mercure Pontianak, Jumat (10/5/2019) malam.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, unggul di Kalbar dengan memperoleh 1.709.896 suara. Sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto -Sandiaga  Uno meraih 1.263.757 suara.

Baca juga: Sabtu, KPU RI Gelar Rekapitulasi Suara 4 Provinsi

Jumlah seluruh suara sah sebanyak 2.973.653 dan suara tidak sah sebanyak 56.256.

Rapat pleno dihadiri para saksi parpol dan calon perseorangan, KPU kabupaten/kota, dan Bawaslu.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono menerangkan, seluruh rangkaian acara pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi yang dimulai hari Minggu hingga Sabtu kemarin berjalan lancar.

"Sampai selesainya pleno ini, Kalbar kondusif dan benar-benar adem (aman, damai, energik, dan mantap)," kata Didi pada Sabtu pagi.

Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah melaksanakan rangkaian Pemilu 2019. Pengamanan akan terus dilakukan sampai pengawalan logistik KPU provinsi ke pusat. Termasuk mengamankan Kantor KPU dan Bawaslu.

“Atas semangatnya, kami jajaran Polda Kalbar mengucapkan terima kasih pada KPU, Bawaslu dan semuanya yang hadir di sini,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com