Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Tak Pernah Les, Siswi ini Raih nilai UNBK Tertinggi | Peluang 3 Kali Gajian Sebelum Lebaran

Kompas.com - 11/05/2019, 07:20 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lebaran tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berpeluang memberi gaji tiga kali kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pasalnya, selain menerima gaji bulan Mei dan Tunjangan Hari Raya, jadwal pencarian gaji di bulan Juni diusahakan akan dimajukan karena terhambat dengan jadwal cuti bersama. 

Sementara itu, kisah siswi asal Gunungkidul yang meraih nilai tertinggi UNBK tingkat SMK se-DIY, juga menarik perhatian pembaca.

Nama siswi itu adalah Virdiana Inggried Marwanti (18). Hasil UNBK siswi jurusan Akuntasi SMKN 1 Wonosari ini adalah 98 untuk Bahasa Indonesia, 96 untuk Bahasa Inggris, 97,50 untuk Matematika, dan 92,50 untuk Kompetensi Keahlian.

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

1. Kisah siswi asal Gunungkidul meraih nilai UNBK tertinggi

Ilustrasi siswa SMK. Dok. Direktorat PSMA Ilustrasi siswa SMK.

Meski belum diumumkan secara resmi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY sudah merilis hasil UNBK tingkat SMK sederajat. Hasilnya, UNBK Virdiana Inggried Marwanti (18) sangat tinggi.

"Tidak menyangka. Kemarin diberi tahu teman dan guru," kata Inggried saat ditemui Kompas.com di rumahnya, Jumat (10/5/2019).

Dia bercerita selama menempuh ujian tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. Bahkan, dia tidak mengikuti bimbingan belajar seperti siswa lain.

Inggried hanya mengikuti pelajaran tambahan di sekolah dan belajar dari buku persiapan UN yang dibagikan oleh sekolahnya.

"Pas ngerjain biasa saja. Malah enggak ada waktu ngoreksi ulang karena pas selesai waktunya sudah mepet," ujarnya.

Baca berita selengkapnya: Kisah Inggried, Gadis Gunung Kidul Peraih UNBK Tertinggi Se-DIY

2. PNS di Jabar terima tiga kali gaji sebelum lebaran? Ini penjelasannya

Sekda Jabar Iwa Karniwa saat ditemui di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Jumat (10/5/2019).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Sekda Jabar Iwa Karniwa saat ditemui di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Jumat (10/5/2019).

Pemprov Jabar telah menyediakan anggaran untuk gaji pegawai bulan Mei serta Tunjangan Hari Raya (THR).

"Akan ditransfer 24 Mei sesuai dengan aturan satu bulan gaji, satu komponen take home pay. Totalnya anggarannya saya lupa, tanya BKD," kata Iwa di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Jumat (10/5/2019).

Selain itu, Iwa juga tengah mengusulkan kepada Kemendagri agar bisa menarik gaji pegawai bulan Juni untuk dibayarkan akhir Mei.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com