Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diganggu Lebah Saat Sedang Memasang Aliran Listrik, Mualif Jatuh Tersetrum

Kompas.com - 10/05/2019, 17:36 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Mualif, seorang petugas pemasang kabel listrik tersetrum saat sedang mamasang kabel dari tiang listrik untuk disambungkan ke rumah pelanggan, di depan Kantor Tanto Tbk, di Jalan dr Latumeten, Kecamatan Sirimau, Ambon, Jumat (10/5/2019).

Penyebab insiden ini lantaran korban diganggu lebah saat sedang mengerjakan sambungan listrik.

Akibat insiden tersebut, pria berusia 25 tahun ini mengalami luka bakar cukup serius di bagian tangannya dan langsung terjatuh hingga sempat tak sadarkan diri. Beruntung saat terjatuh, korban tertolong oleh tali pengaman yang ada di pinggangnya.

Baca juga: Ambil Kabel Listrik, Seorang Pemulung Tewas Tersetrum

Feri Sugiarto, salah satu rekan korban mengatakan, saat itu mereka sedang memasang jaringan listrik untuk disambungkan ke rumah warga di kawasan itu.

Namun, tiba-tiba terdengar bunyi ledakan yang sangat keras dari tiang listrik hingga terjadilah insiden itu.

“Saat itu, saya memasang meteran, sedangkan korban memasang kabel di tiang listrik. Saat sedang bekerja, saya langsung mendengar bunyi ledakan keras,” ujar Feri, kepada wartawan, Jumat.

Setelah mendengar bunyi ledakan tersbeut, lanjut dia, ia dan sejumlah warga bersama seorang polisi langsung mendatangi tiang listrik dan menemukan korban sudah dalam posisi tergantung dengan tali pengaman.

“Saat itu kami langsung berusaha menurunkan korban dan kemudian membawanya ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis,” ujar dia.

Terkait insiden kecelakaan itu, Manager Komunikasi PT PLN Maluku-Maluku Utara, Ramli Malawat mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh korban sudah sesuai dengan perintah kerja yang telah diberikan oleh PLN ULP Ambon Kota, untuk pekerjaan penyambungan baru bagi seorang pelanggan.

Baca juga: Diduga Hendak Curi Genset SPBU, Pria Ini Tewas Tersetrum

“Korban ini merupakan salah satu petugas dari mitra kerja PLN,” ujar dia.

PLN akan segera melakukan investigasi di lapangan untuk memastikan penyebab kejadian tersebut.

Menurutnya, berdasarkan keterangan yang didapat dari korban di rumah sakit, ketika korban sedang melakukan pekerjaan penyambungan baru pada Jaringan Tegangan Rendah (JTR) eksisting, korban mendapat gangguan dari lebah kecil di atas Gardu.

“Korban yang merasa terganggu karena kehadiran lebah tersebut, mengibaskan tangannya untuk mengusir lebah tersebut. Namun, ternyata tanpa disengaja, tangan korban tersentuh Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan tersengan listrik bertegangan 20 kV/20.000 Volt,” ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com