Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begal Spesialis Jalintim Palembang-Lampung Ditangkap Saat Beraksi

Kompas.com - 10/05/2019, 15:03 WIB
Amriza Nursatria,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

KAYUAGUNG, KOMPAS.com - Hasan bin Hamid Cili (21), warga Desa Pematang Panggang Dusun 2, Kecamatan Mesuji Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, begal spesialis di jalan lintas timur (Jalintim) Palembang-Lampung di Kecamatan Mesuji OKI, ditangkap aparat polisi dari Polsek Mesuji.

Hasan ditangkap, saat sedang beraksi membegal seorang pengemudi kendaraan pick up bernama Taufik Edi Priyono (26) yang berprofesi sebagai seorang guru, warga Desa Sumber Agung RT 003 RW 001 Kecamatan Belitang Jaya, Kabupaten OKU Timur, di Jalan Lintas Timur Desa Pematang Panggang, Mesuji, Kamis (9/5/2019) kemarin.

Baca juga: Polisi Amankan Ribuan Petasan, Miras dan Pasangan Muda-mudi Dalam Satu Kamar

Kapolsek Mesuji AKP Darmanson mengatakan, modus pelaku dengan cara mengikuti kendaraan korban menggunakan sepeda motornya. Saat sudah dekat, pelaku meminta mobil berhenti dan memukul kaca mobil korban. 

"Saat korban membuka kaca mobil, pelaku minta barang. Korban yang ketakutan menyerahkan barang berharga miliknya," katanya.

Beruntung, saat pelaku sedang beraksi membegal korbannya, melintaslah anggota Polsek Mesuji yang sedang patroli.

Melihat ada kegiatan mencurigakan, polisi lalu mendekat dan menemukan sedang terjadi tindak kejahatan oleh pelaku terhadap salah seorang sopir kendaraan yang melintas.

"Langsung saja polisi mengamankan pelaku yang belum sempat mengambil barang korbanya." jelas AKP Darmanson.

"Ketika digeledah, ditemukan senjata tajam jenis parang di sebelah kiri pinggang pelaku, pelaku langsung kita amankan ke Mapolsek Mesuji untuk diperiksa lebih lanjut " tambahnya.

Baca juga: Warga Temukan Mayat Tanpa Identitas Tersangkut di Sungai Cimpu Luwu

Selain sebilah parang, polisi juga mengamankan sebuah telepon selular dan sepeda motor jenis kawasaki ninja yang digunakan pelaku.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra sebelumnya mengatakan, akan meningkatkan pengamanan di sepanjang jalan lintas timur yang melintasi Kabupaten OKI terutama yang merupakan jalur mudik lebaran Idul Fitri mulai dari awal puasa hingga menjelang dimulainya arus mudik 2019.

"Ada lima titik yang kita prioritaskan pengamannya dari tindak kejahatan 3C, seperti di daerah Simpang Talang Pangeran, Tugu Mulyo dan Kecamatan Mesuji, nanti saat dimulai arus mudik baru kita terjunkan 3/4 kekuatan untuk pengamananya" katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com