Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pleno KPU Aceh Tengah, Prabowo-Sandi Menang di 10 Kecamatan

Kompas.com - 10/05/2019, 06:26 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Rapat rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Umum 2019 tingkat kabupaten telah selesai digelar di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Hasilnya, Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin kalah di Aceh Tengah. Pasangan ini hanya unggul di empat kecamatan dari 14 kecamatan di Aceh Tengah.

Berdasarkan hasil rekapitulasi resmi KPU Aceh Tengah yang diterima Kompas.com, Kamis (9/5/2019), pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga menang di Aceh Tengah dengan memperoleh 73.503 suara. Sementara Jokowi-Ma'ruf mendapatkan total 47.464 suara.

Baca juga: Beda Data C1 dan C7, Dua TPS di Aceh Tengah Direkomendasikan PSU

Pasangan Prabowo-Sandiaga unggul telak misal di Kecamatan Bebesen dengan memperoleh 15.880 suara, sementara Jokowi-Ma'ruf hanya mendapatkan 5.487 suara. 

Meskipun kalah di Aceh Tengah, Jokowi-Makruf menang di 6 Kecamatan di Aceh Tengah, diantaranya di Kecamatan Linge dengan perolehan 8,844 suara mengalahkan Capres nomor urut 02 yang mendapatkan 3.109 suara.

Adapun jumlah suara sah untuk pemilihan presiden di Kabupaten Aceh Tengah mencapai 120.967 suara, sementara suara tidak sah mencapai 2.485 suara, dengan total suara sah dan tidak sah sebanyak 123.452 suara.

Baca juga: Prabowo Akui Kuasai Ratusan Ribu Hektar Lahan di Kaltim dan Aceh Tengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com