Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Semeru Dibuka 12 Mei, Pendakian Hanya Sampai Kalimati

Kompas.com - 09/05/2019, 17:46 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS) kembali membuka pendakian menuju Gunung Semeru, setelah sebelumnya ditutup sejak 3 Januari 2019 .

Pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa ini akan dibuka lagi pada 12 Mei.

"Meski sudah dibuka, pendakian hanya sampai di Kalimati. Ini berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG)," kata Kepala BB TNBTS John Kennedie, ketika dikonfirmasi TribunJatim.com, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Awal Tahun 2019, Pendakian Gunung Semeru Ditutup

John mengatakan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan TNBTS antara Maret hingga April 2019, curah hujan di Gunung Semeru tidak ekstrem dan relatif menurun.

Selain itu, permintaan masyarakat untuk melakukan pendakian di Gunung Semeru cukup tinggi.

"Sebelum mendaki Gunung Semeru, wisatawan diwajibkan melakukan booking pendakian yang kini bisa dilakukan secara online melalui website bookingsemeru.bromotenggersemeru.org," sambungnya.

Baca juga: Fakta di Balik Fenomena Gunung Semeru Bertopi, Tak Terkait Mistis hingga Status Jalur Pendakian

John mengimbau masyarakat yang akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru memperhatikan prosedur, mempersiapkan kondisi fisik dan menggunakan jalur resmi.

"Lebih penting adalah ikut melestarikan ekologi kawasan TNBTS dengan tidak membuang sampah dan mengganggu flora dan fauna," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka pada 12 Mei 2019, Ini Cara Daftar Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com