Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Saksi soal Pemuda yang Mengaku sebagai Bahar Bin Smith di Bali

Kompas.com - 09/05/2019, 16:36 WIB
Agie Permadi,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sidang lanjutan penganiayan dua pemuda dengan terdakwa Habib Bahar kembali digelar di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, Kamis (9/5/2019).

Sidang kali ini mengungkap cerita MKU dan CAJ, dua remaja yang mengaku-ngaku sebagai Bahar Bin Smith saat di Bali.

Kuasa Hukum Bahar Bin Smith menghadirkan dua saksi yang meringankan yaitu Hamid Isnaeni dan Nurcholis. Kedua saksi ini yang bertemu dua remaja yang mengaku Bahar saat di Bali.

Baca juga: Serunya Perdebatan Bahar bin Smith dengan Saksi Ahli di Persidangan...

Dalam kesaksiannya, Hamid mengaku belum pernah bertemu Bahar bin Smith. Ia hanya melihat Bahar melalui Youtube.

Hamid mengaku bertemu CAJ dan MKU di trotoar Jalan Poppies II Kuta, Bali. Saat itu Hamid melihat wajah dan penampilan rambut panjang pirang CAJ yang cukup mirip dengan Bahar Bin Smith yang biasa dilihatnya di media sosial.

Kepada Hamid, MKU pun mengaku sebagai keturunan Nabi.

"Saat bertemu, saya bilang Habib Bahar ya? Terus yang satunya lagi bilang kok tahu? Saya bilang ke mereka kalau saya tahu dari sosmed. Terus yang mirip Habib Bahar mengiyakan," tutur Hamid dalam kesaksiannya.

Baca juga: Saksi Tak Hadir, Sidang Bahar Bin Smith Ditunda

Hamid yang sudah 19 tahun berada di Bali ini kemudian mengajak kedua pemuda itu ke tokonya yang berada di Kuta, Bali. Di toko Hamid mereka berbincang, bahkan dua pemuda ini sempat mengaku kehilangan uang.

"Keduanya ngaku kehilangan uang Rp 6 juta," katanya.

Hamid pun sempat menanyakan tujuan keduanya ke Bali. Mereka mengaku diundang untuk pengajian, namun gagal lantaran setibanya di Bali panitia penyelenggaranya kabur.

Saat itu Hamid tak menaruh curiga, karena dia mengaku masih berprasangka baik terhadap keduanya.

Baca juga: Saat di Bali, Korban Pemukulan Bahar Minta Transfer Uang ke Kakek untuk Pulang

Dia kemudian mengantarkan kedua pemuda itu ke hotel, bahkan memberikan uang Rp 220.000 untuk biaya penginapan mereka. Sebelum pulang, Hamid kemudian meminta nomor kontak pemuda tersebut.

"Habis itu saya antar ke hotelnya. Saya kasih uang hotel Rp220 ribu. Saya sempat minta nomor kontaknya lalu pulang," katanya.

Ketika menonton televisi, Hamid melihat ada acara di Monas, Jakarta. Ia pun lantas mengirim pesan kepada MKU menyakan soal acara yang ditonton tersebut. Namun MKU menjawab bahwa mereka tak mengikuti acara tersebut dengan alasan tak sempat pulang ke Jakarta

Keesokan harinya, Hamid menjemput keduanya di hotel untuk Shalat Jumat. Usai Shalat Jumat keduanya dipertemukan dengan rekan- rekan Hamid.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com