Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 3 Juta, Caleg Muda PSI Ini Melenggang Jadi Anggota Dewan

Kompas.com - 08/05/2019, 19:31 WIB
Putra Prima Perdana,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Maju menjadi anggota legislatif konon harus merogoh kocek dalam. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi pemuda asal Bandung ini. 

Maju dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Yoel Yosaphat (32) hanya mengeluarkan uang sebanyak Rp 3 juta untuk modal kampanye.

“Ya kurang lebih habis Rp 3 juta-an. Orang-orang banyak yang gak percaya. Tapi itu faktanya,” kata Yoel, saat ditemui Kompas.com di Balai Kota Bandung, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Janjikan Hadiah Saat Kampanye Berujung Penjara Bagi Caleg PKB Asal Riau Ini...

Dengan modal minim, Yoel terpilih sebagai anggota DPRD Kota Bandung periode 2019-2024. Lajang kelahiran 5 Juni 1987 ini berhasil meraup 3.321 suara di Dapil 1 Kota Bandung.

“Saya duit darimana. Papa saya almarhum, mama pensiunan guru SMP,” ujarnya.

Yoel menjelaskan bagaimana ia bisa mengeluarkan modal sedikit saat kampanye. Yoel yang bekerja sebagai marketing di salah satu perusahaan digital printing di Kota Bandung, mendapatkan diskon  dari pemilik perusahaan saat membuat souvenir untuk kampanye.

“Iya, dapat harga spesial waktu itu. Saya bikin kartu nama, spanduk sama kalender,” ucapnya.

Baca juga: Caleg Artis Nasdem Sahrul Gunawan hingga Olla Ramlan Diprediksi Lolos ke Senayan

Yoel mengaku sangat bersyukur bisa terpilih sebagai anggota DPRD Kota Bandung. Alumni Teknik Industri Universitas Parahyangan ini berharap bisa duduk di Komisi D agar bisa memberikan sumbangan pemikiran di dunia pendidikan di Kota Bandung.

“Ingin masuk komisi D karena saya juga berangkat dari komunitas seni. Selama ini orang yang hidup dalam dunia seni cuma bisa jadi hobi saja. Tidak bisa jadi penghasilan. Untuk hidup, tetap saja mereka harus bekerja. Mudah-mudahan ke depan seniman juga bisa jadi pekerjaan,” tuturnya.

Baca juga: Cerita Caleg Muda PAN, Lolos di DPRD dengan Modal Silaturahmi hingga Sempat Dikira Minta Sumbangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com