Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hoaks, Video Hujan Meteor Turun di Langit Probolinggo

Kompas.com - 08/05/2019, 14:13 WIB
Ahmad Faisol,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Peristiwa hujan meteor di langit Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, benar adanya. Hal itu terjadi pada Senin (6/5/2019) dini hari.

Yang menjadi hoaks adalah video yang beredar di media sosial. Video yang viral di medsos tersebut menyatakan hujan meteor di langit Probolinggo.

"Itu tidak benar adanya," kata Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto melalui pesan singkat ketika dimintai konfirmasi perihal video meteor Probolinggo hoaks, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Viral Video Benda Diduga Meteor Jatuh di Probolinggo, Ini Kata Lapan

Sundari, warga Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, menceritakan pengalamannya yang menyaksikan langsung hujan meteor kepada Kompas.com.

Dia mengatakan, Senin dini hari sekitar pukul 03:30 WIB dirinya berada di Pantai Duta bersama temannya.

Sundari mengaku, melihat hujan meteor turun di langit Probolinggo menuju arah utara. Namun dia tidak sempat mengabadikan momen tersebut.

"Tak lama kemudian ramai di medsos video hujan meteor di Probolinggo. Padahal saya mengamati video tersebut, kejadian tersebut bukan di Probolinggo tapi di luar negeri. Jadi peristiwa itu memang betul, namun video yang viral di medsos yang disebut terjadi di Probolinggo itu hoaks," katanya.

Baca juga: Inilah Ponpes Miftahu Falahil Mubtadiin dan Meteor yang Dianggap Doktrin Kiamat

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang menampilkan benda bercahaya yang diduga meteor melintas secara cepat di atas permukiman warga beredar di media sosial Facebook pada Minggu (5/5/2019) pukul 05.12 WIB.

Dalam caption, dituliskan bahwa peristiwa tersebut terjadi di Probolinggo, Jawa Timur. Namun, tidak disebutkan kapan peristiwa itu terjadi.

Video berdurasi 18 detik itu diunggah oleh pengguna Facebook, Epank Kerrong Emmak. Sontak, unggahan tersebut ramai diperbincangkan di media sosial. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com