Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Parepare Prediksi Kotanya Jadi Ibu Kota Baru Sejak 2 Tahun Lalu

Kompas.com - 07/05/2019, 08:31 WIB
Suddin Syamsuddin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PAREPARE, KOMPAS.com –Wali Kota Parepare Taufan Pawe antusias saat kotanya disebut oleh Wapres Jusuf Kalla sebagai kota yang layak jadi ibu kota negara yang baru. Kota Parepare terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut pengakuan Taufan Pawe, dia sudah memprediksi kotanya akan masuk dalam kandidat ibu kota baru sejak dua tahun lalu. Saat itu, dia sudah membicarakan mengenai hal itu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Kalau Anda masih ingat, saya dan jajaran telah memprediksi Kota Parepare, bakal menjadi Kota Metropolitan. Bahkan saya pernah berbincang tentang itu di Bappenas di Jakarta,“ kata Taufan Pawe, Senin (06/05/2019).

Baca juga: Moeldoko: Ibu Kota Baru Diharapkan Jauh dari Ancaman Gempa Bumi....

Menurut dia, Kota Parepare sangat layak untuk jadi ibu kota baru. Alasannya, Kota Parepare ditunjang dengan empat kabupaten di sekitarnya yang menjadi penopang Kota Parepare jika menjadi Ibu Kota Negara, menggantikan Jakarta.

“ Jika di Jawa ada Jabodetabek, di Sulawesi Selatan ada Ajatappareng, yang meliputi, Kota Parepare, Kabupaten Barru, Kabupaten Pinrang, Kabuaten Sidrap dan Kabupaten Enrekang. Lima wilayah ini bisa bersatu dijadikan Ibu Kota Negara," ujar Taufan.

Alasan kedua adalah keamanan secara geografi. Menurut Taufan Pawe, Ajatappareng jarang terkena bencana Alam. Dengan demikian, potensi-potensi wilayahnya sangat mendukung untuk menjadi sebuah Ibu Kota Negara. 

Baca juga: INFOGRAFIK: Kriteria Daerah yang Disiapkan Jadi Ibu Kota Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com