Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pleno KPU, Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Kabupaten Magelang

Kompas.com - 06/05/2019, 19:02 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Magelang untuk pemilihan presiden (pilpres).

Hasilnya, diketahui pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf, meraup 601.147 suara. Sedangkan lawannya, paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, memperoleh 230.540 suara.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifudin, mengatakan paslon nomor urut 01 mendominasi dalam perolehan suara di 21 kecamatan di seluruh Kabupaten Magelang.

Adapun total pengguna surat suara sebanyak 858.806, dan suara tidak sah 27.119.

Baca juga: Saksi Sebut 20.257 Suara PDIP Hilang, Pleno Kabupaten Dogiyai Papua Diskors 2 Hari

Menurutnya, secara umum proses rapat pleno rekapitulasi yang digelar di GOR Gemilang Magelang itu berjalan dengan lancar dan tidak ada kejadian-kejadian khusus.

Para saksi dari masing-masing paslon dan partai mengikuti dengan seksama sepanjang rapat pleno berlangsung.

“Alhamdulillah proses lancar, tidak ada kejadian-kejadian khusus yang tidak bisa terlesaikan, semua sudah clear. Teman-teman saksi bukan hanya sekadar mendengarkan, tapi mengoreksi kalau ada yang keliru menulis di plano,” kata Afif, saat ditemui di lokasi rapat pleno di GOR Gemilang, Kabupaten Magelang, Senin (6/5/2019).

Baca juga: Penembak Jitu Disiagakan di Lokasi Hitung Suara Pemilu 2019 KPU Jatim

Afif menambahkan tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Magelang mengalami kenaikan, mencapai 85-86 persen, dibandingkan dengan pilkada maupun pemilu tahun sebelumnya yang berkisar 79 persen.

Usai pilpres, rapat pleno dilanjutkan tahapan rekapitulasi perolehan suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah dan DPRD Kabupaten Magelang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com